Sabtu, 11 Januari 2020

Ingredients 6

1. Almond
          Almond adalah salah satu jenis buah yang memiliki kulit luar atau cangkang yang sangat keras. Banyak orang mengira almond adalah bagian dari biji-bijian, padahal bukan. Almond berasal dari Timur Tengah dan telah banyak dikembangkan di berbagai negara hingga saat ini. Ukuran buah almond yang kulitnya belum dikelupas adalah sebesar biji kurma atau kelereng kecil namun wujudnya lonjong dan keras. Almond bisa dimakan langsung tanpa harus diolah, rasanya sedikit hambar mirip seperti kacang - kacangan.


  • History
          BadamAmandel atau Almond merupakan bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini berada di klasifikasi yang sama dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus. Buah badam merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon Prunus dulcis (nama sinonimnya: Amygdalus communis).

          Jika biasanya buah Prunus dilapisi oleh daging buah yang manis seperti yang ada pada prem dan ceri, pada buah badam digantikan oleh pelapis dengan tekstur seperti bahan kulit, yang di dalam cangkang kerasnya mengandung biji yang dapat dimakan, biasanya disebut sebagai kacang.
  • Nutrisi
Badam
Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi2418 kJ (578 kcal)
Karbohidrat20 g
Gula5 g
Serat pangan12 g
Lemak51 g
tak jenuh4 g
tak jenuh tunggal32 g
tak jenuh majemuk12 g
Protein22 g
Tiamina (Vit. B1)0.24 mg (18%)
Riboflavin (Vit. B2)0.8 mg (53%)
Niasin (Vit. B3)4 mg (27%)
Asam Pantotenat (B5)0.3 mg (6%)
Vitamin B60.13 mg (10%)
Folat (Vit. B9)29 μg (7%)
Vitamin C0.0 mg (0%)
Kalsium248 mg (25%)
Besi4 mg (32%)
Magnesium275 mg (74%)
Fosfor474 mg (68%)
Kalium728 mg (15%)
Zink3 mg (30%)

  • Fungsi
         Almond mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa kandungan di dalam almond adalah karbohidrat, serat, gula dan vitamin E, almond juga mampu menurunkan kolesterol karena mengandung banyak lemak tak jenuh di dalam daging buahnya. Selain itu almond sangat sehat untuk dikonsumsi karena memiliki vitamin C, B, kalsium, fosfor, kalium, seng, magnesium serta zat besi, yang mana semua kandungan gizi ini penting bagi tubuh kita.

          Almond biasa dikonsumsi secara langsung sebagai kudapan atau juga dijadikan bahan pelengkap untuk berbagai olahan makanan seperti es krim, olahan cokla, kue, dijadikan sebagai susu almond atau juga diekstrak menjadi minyak almond yang aman bagi vegetarian.

  • Karakteristik
          Kacang almond atau nama latinnya Prunus dulcis berasal dari Timur Tengah, The almond Roma disebut sebagai “kacang Yunani” karena Yunani yang pertama kali menanamnya. kacang Almond sebenarnya bukan kacang, tetapi buah berbiji yang terdiri dari kulit luar ditutupi dengan kulit keras. Almond biasanya dijual dalam bentuk yang masih utuh atau yang sudah dikupas. Almond dapat dikonsumsi secara langsung, dan juga dengan diolah. Irisan almond dapat ditambahkan pada es krim, coklat, atau kue. Almond dapat pula dibuat menjadi “susu almond”, terutama diperuntukkan bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa dan juga vegetarian.


           Saat ini, tanaman almond tumbuh di sekitar Laut Mediterania, termasuk Spanyol, Italia, Portugal, Iran, Turki, Cina. Maroko. dan Amerika Serikat khususnya di wilayah California.



2. Kacang Mete

          Kacang mete ini berasal dari buah jambu monyet atau biasa disebut dengan jambu mede. Jambu ini memiliki nama ilmiah Anacardium occidentale. sebenarnya jambu monyet ini termasuk ke dalam buah-buahan. Hanya saja yang terkenal dari jambu monyet atau jambu mede adalah kacang metenya.


  • History
          Jambu monyet atau jambu mede(Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anarcardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang medekacang mete atau kacang mente bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan  (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anarcardiaceae ).

           Dikenal juga dengan berbagai nama seperti jambu mèdè (Sd); jambu mété atau jambu ménté (Jw); jhambu monyèt (Md); jambu dwipa, jambu jipang, nyambu monyèt (BI); nyambuk nyĕbèt (Sas); jambu érang, jambu monyé (Mink); jambu dipa (Bani); buwah monyet (Timor); buwah yaki (Manado); buwa yakis, wo yakis (Sulut); buwa yaki (Ternate, Tindore ), buwa jakis (Galela); jambu daré, jambu masong (Mak); jampu sèrĕng, jampu tapĕsi (Bug); dan lain-lain.

          Dalam bahasa Inggris dinamakan cashew (tree), yang diturunkan dari perkataan Portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebetulnya juga merupakan pinjaman dari nama dalam Bahasa Tupi, acajú. Sementara nama marganya (Anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti jantung terbalik.

  • Nutrisi
Kacang mete
Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi2314 kJ (553 kcal)
Karbohidrat30.19 g
Gula5.91 g
Serat pangan3.3 g
Lemak43.85 g
Protein18.22 g
Tiamina (Vit. B1).42 mg (32%)
Riboflavin (Vit. B2).06 mg (4%)
Niasin (Vit. B3)1.06 mg (7%)
Asam Pantotenat (B5).86 mg (17%)
Vitamin B6.42 mg (32%)
Folat (Vit. B9)25 μg (6%)
Vitamin C.5 mg (1%)
Kalsium37 mg (4%)
Besi6.68 mg (53%)
Magnesium292 mg (79%)
Fosfor593 mg (85%)
Kalium660 mg (14%)
Zink5.78 mg (58%)
  • Fungsi
Jantung
       Kacang mete dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida pemicu penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung. Semua itu berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang terdapat di dalam kacang mete. Salah satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa makan kacang empat kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 37%.

       Secara alami kacang merupakan makanan bebas kolesterol dan salah satu sumber dari lemak yang ramah bagi jantung. Kacang juga mengandung arginine (yang berfungsi melindungi lapisan dalam dinding pembuluh darah), kalium, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat yang dipercaya mampu melawan penyakit jantung.

Darah
       Kandungan zat besi dan tembaga (copper) dalam kacang mete saling bekerja sama untuk membantu tubuh membentuk dan memanfaatkan sel darah merah. Tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, dan pembuluh darah pun nantinya akan menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

Energi
       Kandungan zat besi dan tembaga (copper) dalam kacang mete saling bekerja sama untuk membantu tubuh membentuk dan memanfaatkan sel darah merah. Tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, dan pembuluh darah pun nantinya akan menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

Tulang
       Kacang mete mengandung tembaga dengan jumlah yang tidak sedikit. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk proses penggantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kedua komponen ini beperan penting dalam proses pembentukan tulang. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh akan mudah rusak dan kita pun rentan terkena penyakit disfungsi sendi.

       Kekurangan tembaga juga dapat menurunkan kepadatan mineral pada tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain tembaga, kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini karena magnesium membantu kalsium terserap dengan lebih baik ke dalam tulang.

Mata
       Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete diduga mampu melindungi mata dari kerusakan ringan dan bahkan membantu mengurangi katarak.


       Menurut sebuah studi, sering mengonsumsi kacang (termasuk kacang mete) diduga dapat menurunkan risiko untuk dilakukan operasi kolesistektomi, yaitu prosedur pembedahan untuk mengangkat kantong empedu.

Berat Badan
       Manfaat kacang mete yang terakhir adalah mampu mengelola berat badan serta mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol di dalam hati. Semua itu karena lemak tak jenuh yang terkandung di dalam kacang mete.

Batu Empedu
Pohon berukuran sedang, tinggi sampai dengan 12 m, dengan tajuk melebar, sangat bercabang-cabang, dan selalu hijau. Tajuk bisa jadi tinggi dan menyempit, atau rendah dan melebar, bergantung pada kondisi lingkungannya.

  • Karakteristi
          Daun - daun terletak pada ujung ranting. Helai daun bertangkai, bundar telur terbalik, kebanyakan dengan pangkal meruncing dan ujung membundar, melekuk ke dalam, gundul, 8–22 × 5–13 cm.

          Berumah satu (monoesis), bunga-bunga berkelamin campuran, terkumpul dalam sebuah malai rata berambut halus, lebar 15–25 cm. Kelopak berambut, 4–5 mm. Mahkota runcing, lk 1 cm, putih kemudian merah, berambut. Buah Geluk berwarna coklat tua, membengkok, tinggi lk 3 cm.

3. Kacang tanah

          Kacang tanah adalah biji dari buah polong-polongan yang tumbuh di dalam tanah. Polong atau kulit kacang tanah berwarna kecoklatan dan memiliki corak garis-garis kasar, kulit ini biasa digunakan untuk makanan ternak. Sedangkan isinya, yakni kacang tanah berbentuk kecil seperti kerikil, bulat-bulat, keras dan memiliki kulit tipis di luar daging buahnya. Rasa dari kacang tanah agak sedikit manis namun masih keras ketika mentah atau belum diolah.
  • History
          Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir, Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

  • Nutrisi

          kacang tanah juga dipenuhi zat atau nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan yang lebih baik. Secara umum, hampir semua jenis kacang-kacangan konsumsi semuanya menyediakan banyak nutrisi penting; diantaranya serat, protein, karbohidrat, lemak(termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal, dan omega 6), kalori, sodium, kalsium, vitamin C, A, D, E, K, B kompleks(riboflavin, thiamin, niacin, asam folat, b12, b6, asam pantotenat), koline, dan betain. Kacang juga menyediakan berbagai jenis mineral, termasuk zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Zat-zat tertentu yang diyakini sebagai antioksidan seperti isoflavon juga banyak terdapat dalam kacang tanah. Semua jenis nutrisi tersebut sangat diperlukan setiap hari untuk kesehatan yang optimal.


  • Fungsi
          Kacang tanah terkenal memiliki banyak protein nabati, zat besi, vitamin B kompleks, kalsium, vitamin E, vitamin A dan vitamin K. Selain rasanya yang enak, kacang tanah juga digemari karena fungsinya bagi kesehatan tubuh, diantaranya mencegah penyakit jantung, mencegah tuberkulosis dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

          Sebagai salah satu bahan masakan, kacang tanah bisa dikonsumsi langsung secara mentah, digoreng, diolah menjadi selai, direbus bersama kulit polongnya, ditumbuk bersama air dan cabai untuk dijadikan saos kacang atau disangrai menjadi minyak kacang tanah.

  • Karakteristik
          Kacang tanah (Arachis hypogaea) adalah tanaman dari keluarga kacang polong, satu famili dengan tanaman pangan lain seperti lentil, kacang kedelai dan buncis.

          Meskipun dari sudut botanikal kacang tanah adalah jenis kacang-kacangan, dari sudut pandang makanan, kacang tanah dianggap sebagai kelompok buah-buahan kering, sama seperti almond, hazelnut atau kacang walnut. Alasannya adalah karena buah kacang tanah tidak memiliki pulpa dan benihnya tersimpan di dalam cangkang yang ketika dewasa menjadi kering dan keras.

          Kacang tanah adalah tanaman tahunan dengan batang lurus sepanjang 30-50 cm. Daun majemuk, menyirip, panjang mengintai dengan empat helai daun masing-masing.

           Bunga biasanya berwarna kuning dengan garis kemerahan dan kelopak tubular, bergerombol dalam kelompok 2 sampai 6 bunga masing-masing.

          Ketika bunga di dasar tanaman dewasa, batang bunga yang panjang membungkuk dan menembus tanah. Setelah di dalam tanah, maka perkembangan akan berlanjut hingga menjadi buah (kacang). Ini merupakan ciri khusus dari spesies Hypogaea yg dalam bahasa Yunani berarti bawah tanah.


          Kacang tanah tumbuh di tempat yang hangat, dengan kelembaban tinggi, membutuhkan gembur.


SUMBER :

http://www.kerjanya.net/faq/19024-almond.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Badam

https://blog.ub.ac.id/rizalmahfuddin/2012/12/04/artikel-kacang-almond/

http://bobo.grid.id/amp/08681412/dari-manakah-kacang-mete-berasal-

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jambu_monyet

https://www.alodokter.com/7-manfaat-kacang-mete-yang-segurih-rasanya

http://www.kerjanya.net/faq/17960-kacang-tanah.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kacang_tanah

https://brainly.co.id/tugas/991821

https://www.google.co.id/amp/s/resepcaramemasak.org/kandungan-nutrisi-kacang-tanah-dan-manfaatnya/amp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar