Sabtu, 11 Januari 2020

Ingredients 9

1. BUNGA LAWANG
Image result for bunga lawang
Sejarah

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah. Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Tionghoa adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. Bunga Lawang mempunyai bau khas yang kuat. Dari asalnya di Tiongkok, rempah ini mulai diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke-17 dan sejak saat itu mulai meraih popularitas. Minyak yang dihasilkan dijadikan bahan perisa dalam minuman. Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

Kandungan Gizi/Nutrisi/Zat Kimia Bunga Lawang:

Amount Per 100 grams Calories 337 gr % Daily Value*

Total Fat 16 gr 24%

Saturated fat 0.6 gr 3%

Polyunsaturated fat 3.2 gr

Monounsaturated fat 10 gr

Cholesterol 0 mg 0%

Total Carbohydrate 50 g 16%

Serat/Dietary fiber 15 gr 60%

Mineral;

Fe 20,5%

Calcium 64%

Magnesium 42%

Sodium 16 mg

Potassium 1,441 mg 41%

Protein 18 g 36%

Kandungan Vitamin;

Vitamin A 6%

Vitamin B-6 35%

Vitamin C 35%

Vitamin D 0%

Vitamin B-12 0%

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh:

MENJAGA KESEHATAN KULIT
Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ini karena bunga lawang memiliki kandungan anethol, yaitu komponen utama minyak adas bunga lawang.
Minyak ini bisa digunakan sebagai obat karena bersifat antispasmodic, antiseptik, obat penenang, sebagai stimulan pencernaan dan sifat-sifatnya. Mengonsumsi minyak adas bunga lawang juga berfungsi detoksifikasi pada tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

MEREDAKAN FLU DAN BATUK
Jika Anda sudah sering mendengar bahwa cengkeh bisa mengurangi sakit gigi, maka adas bunga lawang juga memiliki khasiat serupa. Sifat antiseptik dari adas membantu untuk menyembuhkan luka kecil dan lecet. Ini membantu dalam pencernaan makanan dan memberikan bantuan instan untuk batuk, flu dan meriang.
Minyak bunga lawang juga bersifat anti-mikroba dan anti-jamur, sehingga dapat membantu menyingkirkan batuk dan pilek. Aromanya yang kuat dianggap sebagai obat penenang alami yang juga dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

SIFAT ANTIOKSIDAN
Antioksidan menargetkan radikal bebas – atom atau molekul dengan elektron yang tidak berpasangan – yang dapat menyebabkan kerusakan pada penyakit dan sel. Radikal bebas dapat merusak DNA seluler dan memulai karsinogenesis – permulaan kanker. Anda tidak bisa benar-benar menghindari radikal bebas, yang merupakan hasil sampingan dari proses metabolisme tubuh Anda, namun Anda dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Peneliti India melakukan penelitian terhadap hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan bunga lawang membantu melindungi tikus laboratorium dari kanker hati yang disebabkan oleh artifisial. Dalam edisi 2007 “Chemico-Biological Interactions,” para peneliti melaporkan bahwa hewan yang diberi makan adas manis setelah induksi karsinogenesis menunjukkan bukti perkembangan kanker yang jauh lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi bunga lawang.

MENGOBATI NYERI HAID
Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.

MENGURANGI GEJALA REMATIK
Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

MELEGAKAN PERNAFASAN
Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.

MENGOBATI INSOMNIA
Bunga lawang mempunyai aroma yang kuat, sehingga efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Dengan minum teh bunga lawang, kualitas tidur akan meningkat dan anda akan bangun tidur di pagi hari dalam keadaan segar.

KESEHATAN WANITA
Minyak bunga lawang memiliki memiliki sifat estrogen yang memudahkan masalah hormonal wanita seperti kram saat menstruasi. Anda bisa mengoles minyak ke bagian yang sakit dan pijat perlahan. Atau bisa juga diminum dengan air hangat bersama dengan rebusan asam jawa.
Dengan menyeduh teh minyak bunga lawang juga mampu meningkatkan aliran ASI ibu yang menyusui. Minyak adas juga berkhasiat aroma terapi sehingga dapat melegakan pernapasan dan menenangkan morning sickness ibu hamil.

MENYEHATKAN PENCERNAAN
Minum air rebusan bunga lawang membantu dalam menghilangkan gas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

MENGOBATI NYERI
Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari bunga lawang bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi serta rematik.

ANTI JAMUR
Bunga lawang memiliki sifat anti jamur sehingga mengoleskan minyak dari bunga lawang juga bisa membantumu dalam mengobati infeksi jamur seperti kandida.

MEMPERLAMBAT PENUAAN
Bunga lawang mengandung vitamin A, C, dan zat antioksidan. Mengonsumsinya bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

MENJAGA KESEHATAN JANTUNG
Mengkonsumsi minyak dari rempah ini ternyata bisa membuat tekanan darah Anda menjadi terkontrol. Sehingga akan mengurangi tekanan pada jantung dan memperkuat jantung Anda. Hal ini karena sifat analgestik alami yang dimiliki oleh rempah ini.

MEMBUAT TIDUR NYENYAK
Minyak dari rempah ini juga sangat baik buat kesehatan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti mikroba dan anti jamur. Aroma kuat dari rempah ini dapat dijadikan obat penenang alami untuk Anda yang mengalami gangguan tidur.

MENGATASI LUKA DAN LECET
Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.

MENGURANGI GEJALA REMATIK
Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

MENGHILANGKAN BAU MULUT
Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.

Karakteristik
ciri tanaman ini Tegak, terna semusim dengan tinggi 15-50 cm, batang beralur dan berbulu, mengeluarkan aroma. Daun berseling, mengutuh sampai majemuk menyirip. Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

2. KAYU MANIS

Image result for kayu manis

Sejarah:
Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.
Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.
Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Kandungan Gizi

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 247
Jumlah Lemak 1,2 g
Lemak jenuh 0,3 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 10 mg
Kalium 431 mg
Jumlah Karbohidrat 81 g
Serat pangan 53 g
Gula 2,2 g
Protein 4 g

Vitamin A
295 IU
Vitamin C
3,8 mg
Kalsium
1.002 mg
Zat besi
8,3 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0,2 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
60 mg

Manfaat Kayu Manis:
1. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

2. Anti infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan fungsi otak
Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Mengontrol gula darah
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Untuk itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

7. Menghangatkan
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

8. Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

9. Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

10. Obat serbaguna
Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Karakteristik:
 kayu manis yaitu, tinggi tanaman kayu manis berkisar antara 5-15 m, kulit pohonnya berwarna abu-abu tua berbau khas, kayunya berwarna merah coklat muda. Daun tunggal, kaku seperti kulit, letak berseling, panjang tangkai daun 0,5 – 1,5 cm, dengan 3 buah tulang daun yang tumbuh melengkung.

Bunganya berkelamin dua atau bunga sempurna dengan warna kuning dan berukuran kecil. Kelopak bunga berjumlah 6 helai dalam dua rangkaian. Bunga ini tidak bertajuk bunga. Persarian berlangsung dengan bantuan serangga. Buahnya buah buni berbiji satu dan berdaging. Bentuknya bulat memanjang. Warna buah muda hijau tua dan buah tua ungu tua. Panjang buah sekitar 1,30 – 1,60 cm, dan diameter 0,35 – 0,75 cm. Panjang biji 0,84 – 1,32 cm dan diameter 0,59 – 0,68 cm.


3. BUNCIS
Image result for buncis
Sejarah
Buncis (dari bahasa Belanda boontjes untuk kacang-kacangan secara umum), adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.
Cara menanam tanaman buncis adalah tanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah, panen biasanya sudah bisa dilakukan setelah 60 hari atau polong kacang sudah cocok disayur.
Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

Kandungan Gizi Buncis :
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 209 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 3,4 g
Protein 1,8 g

Vitamin A
108 IU
Vitamin C
16,3 mg
Kalsium
37 mg
Zat besi
1 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0,1 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
25 mg

Manfaat Buncis :
Buncis mengandung banyak klorofil yang dapat menghambat efek karsinogenik yang muncul saat memanggang daging pada suhu tinggi. Oleh karena itu, sajikan juga buncis bersamaan dengan penganan daging panggang untuk mengurangi risiko timbulnya kanker.
Buncis juga kaya akan zat besi yang sangat direkomendasikan untuk membangun kesuburan atau fertilitas. Inilah yang membuat buncis cocok dijadikan sumber pendukung zat besi bagi wanita yang ingin hamil.
Mengonsumsi sayuran seperti buncis dapat mengurangi risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan obesitas, serta menjaga berat badan.
Konsumsi vitamin K yang antara lain didapatkan dari buncis dapat membantu memperkuat tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium.
Buncis termasuk dalam kelompok sayuran yang rendah indeks glikemiknya sehingga baik untuk diet.
Asam folat yang terkandung di dalam buncis juga berperan menjaga kesehatan janin, terutama terhadap kelainan pembentukan tabung saraf. Secangkir buncis dapat memenuhi hingga 10 persen kebutuhan harian asam folat dan 6 persen kebutuhan harian zat besi wanita.
Folat dalam buncis juga dibutuhkan tubuh untuk menangani depresi. Bahan ini bekerja dengan mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Kelebihan homosistein menjadikan nutrisi dan darah mengalami kesulitan untuk mencapai otak, memengaruhi produksi serotonin, dopamine, dan norepinefrin. Ketiganya adalah hormon yang mendatangkan rasa nyaman, mengelola mood, membangkitkan nafsu makan dan hasrat tidur.

Karakteristik:
1.       Akarnya tunggang dan serabut berwarna kuning kotor dan memiliki bintil.
2.      Batang berbentuk bulat tapi lunak, merambat, rimbun dan memiliki bulu-bulu halus.
3.      Daun merata, tulang daun menyirip, tegak namun mendatar dengan tangkai pendek.
4.      Bunga sempurna, tumbuh secara merambat dan mekar antara pukul 07-08 pagi berwarna merah,
putih, violet dan kekuningan.
5.      Buahnya berbentuk polong, pada setiap polong terdapat 5-11 biji

 SUMBER:

https://biodiversitywarriors.org/isi-katalog.php?idk=3947&judul=Bunga-lawang-atau-Kembang-Lawang-atau-pekak
https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_lawang
https://id.wikipedia.org/wiki/Buncis
https://sumber.com/edukasi/pengetahuan-umum/sumber/tanaman-buncis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_manis
http://doktersehat.com/10-manfaat-kayu-manis-bagi-kesehatan/
http://www.greeners.co/flora-fauna/tanaman-kayu-manis-rempah-manis-daerah-tropis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar