Sabtu, 11 Januari 2020

ingredients 3

1. Belimbing



Belimbing adalah salah satu jenis buah yang rasanya asam, bentuknya lonjong dan bergerigi membentuk seperti bintang. Jika disentuh dan ditekan maka akan terasa tektur luarnya yang halus namun daging buahnya agak keras dan berisi. Seperti jenis buah lainnya, belimbing juga bisa dimakan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu.


  • History
          Belimbing berasal (Averrhoa Carambola) dari Ceylon dan Maluku. Saat ini, belimbing banyak ditanam diwilayah asia tenggara, khususnya Malaysia dan Indonesia. Belimbing juga dapat ditemukan di cina bagian selatan, Taiwan dan india.

  • Nutrisi
KANDUNGAN GIZI
Jumlah Per 
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 133 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 2,8 g
Gula 4 g
Protein 1 g
Vitamin A61 IUVitamin C34,4 mg
Kalsium3 mgZat besi0,1 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60 mg
Vitamin B120 µgMagnesium10 mg


  • Manfaat
Mencegah Kanker
       Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

Memelihara Jantung
       Belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Menurunkan Berat Badan
       Belimbing sangat minim kalori, namun kaya akan serat, sehingga aman dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, menyantap belimbing secara rutin juga diklaim dapat memaksimalkan sistem metabolisme, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan. Serat yang terdapat dalam belimbing juga dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

Meningkatkan Sistem Pencernaan
       Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, mengurangi gejala sembelit, kembung, kram dan juga diare. Selain itu, serat dalam belimbing juga sangat ampuh untuk meningkatkan penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.  

Meningkatka Kepadatan Tulang dan Gigi
       Terdapat beragam mineral yang terkandung dalam belimbing, mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, seng, hingga kalsium. Seluruh zat tersebut berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, dan juga mengurangi risiko penyakit tulang, seperti radang sendi dan osteoporosis.

  • Karakteristik
          Kulit buahnya tipis transparan , mengkilap seperti lapisan lilin. Ketika masih muda hijau, bila sudah masak warnanya kuning muda sampai kuning tua kemerahan. Pajang buahnya 5-15 cm, berbentuk bulat telur sampai bulat panjang, berusuk lima. Bila dipotong melintang, buah menyerupai bintang sehingga biasa disebut juga star fruit atau star apple. Berdaging dan banyak mengandung air. Rasanya manis sampai asam.bijinya kecil-kecil,jumlahnya bisa mencapai 12 buah. Warna biji putih kotor kecoklatan, pipih, berbentuk elips dengan kedua ujung meruncing.


2. Bengkuang



          Bengkoang atau juga dikenal dengan nama bengkuang adalah salah satu tumbuhan umbi akar berbentuk bulat dengan kulit luar berwarna kuning dengan bagian daging buah berwarna putih dengan rasa sedikit manis dan mengandung banyak air. Buah bengkoang biasanya dijadikan sebagai salah satu unsur bahan pembuatan rujak atau asinan buah dan sering juga dijadikan sebagai masker wajah setelah dihaluskan.


  • History
          Bengkuang ialah tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/).

  • Nutrisi
KANDUNGAN GIZI
Jumlah Per 
Kalori (kcal) 38
Jumlah Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 4 mg
Kalium 150 mg
Jumlah Karbohidrat 9 g
Serat pangan 4,9 g
Gula 1,8 g
Protein 0,7 g
Vitamin A21 IUVitamin C20,2 mg
Kalsium12 mgZat besi0,6 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60 mg
Vitamin B120 µgMagnesium12 mg


  • Manfaat
Mengatasi Masalah Pencernaan
       Salah satu kandungan pada bengkoang adalah serat makanan. Kandungan ini nyatanya baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Dengan adanya serat pada bengkoang, tentunya bengkoang akan berdampak baik untuk mengatasi sembelit, perut kembung, diare, hingga gangguan pencernaan lainnya. 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
          Dalam julmah 100 gram buang bengkoang, sudah terkandung 40% kebutuhan dosis vitamin C harian di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, asupan vitamin C dalam tubuh mempunyai peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu,, vitamin C yang terkandung dalam bengkoang mengandung zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas hasil polusi. 

Baik Bagi Kesehatan Tulang
          Bengkoang juga kaya akan mineral penting untuk tubuh. Mineral tersebut meliputi kandungan magnesium, zat tembaga dan zat besi. Mineral tidak hanya berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh saja, namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak. 

Baik untuk Kesehatan Otak
          Vitamin B6 atau piridoksin yang terdapat pada bengkoang memiliki khasiat untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Tak hanay itu saja, vitamin B6 juga berperan baik untuk mengubah asam protein menjadi asam amino yang digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh. 

Baik untuk Diet Diabetes
          Tidak hanya kandungan seratnya saja yang tinggi, bengkoang juga mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk diet bagi penderita diabetes. Kadar oligofruktosa inulin dalam bengkoang adalah sejenis karbohidrat yang sulit dicerna tubuh. Jadi, tidak perlu mengkhawatirkan tentang kadar gula darah dalam tubuh yang naik saat mengonsumsi bengkoang dalam jumlah banyak. 

  • Karakteristik
       Bengkuang merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah.

       Daum majemuk menyirip beranak daun 3; bertangkai 8,5-16 cm, anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya; anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7-21 × 6–20 cm.

       Bunga berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun, sendiri atau berkelompok 2-4 tandan, panjang hingga 60 cm, berambut coklat. Tabung kelopak bentuk lonceng, kecoklatan, panjang sekitar 0,5 cm, bertaju hingga 0,5 cm. Mahkota putih ungu kebiru-biruan, gundul, panjang lk. 2 cm. Tangkai sari pipih, dengan ujung sedikit menggulung; kepala putik bentuk bola, di bawah ujung tangkai putik, tangkai putik di bawah kepala putik berjanggut. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8–13 cm, berambut, berbiji 4-9 butir.


3. Blueberry



          Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "bluberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".


  • History
          Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam      bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vacciniumjuga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus),  yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris.

          Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan, dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

  • Nutrisi
KANDUNGAN GIZI
Jumlah Per 
Kalori (kcal) 57
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 77 mg
Jumlah Karbohidrat 14 g
Serat pangan 2,4 g
Gula 10 g
Protein 0,7 g
Vitamin A54 IUVitamin C9,7 mg
Kalsium6 mgZat besi0,3 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,1 mg
Vitamin B120 µgMagnesium6 mg


  • Manfaat
          Blueberry kaya akan vitamin C. Berkat mengonsumsi vitamin ini, Anda akan mendapatkan sederet manfaat yang beragam, yaitu sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan flu, infeksi saluran kemih, bahkan kanker. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan serta meningkatkan produksi kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan sehat. Keuntungan lainnya adalah sebagai pendukung kesehatan gusi. Bahkan, dari satu cangkir blueberry utuh dan segar saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 24 persen. Selain vitamin C, blueberry juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6.

          Serat pada blueberry memiliki banyak fungsi, yaitu membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol, berat badan, dan mencegah serta mengobati sembelit. Maka dari itu, blueberry sangat baik bagi Anda yang mengidap diabetes tipe 1. Mengonsumsi tiga porsi blueberry per minggu yang dikombinasikan dengan buah-buahan lain juga dapat mengurangi 7 persen risiko diabetes tipe 2.

         Blueberry mengandung berbagai mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Karena itu, mengonsumsi blueberry dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kesehatan tulang sehingga jauh dari risiko tulang mudah patah.

  • Karakteristik
          Blueberry berbentuk bundar kecil seperti ceri. Buah blueberry memiliki ukuran sekitar 5 – 16 mm dan memiliki mahkota diujung buahnya. Awalnya buah ini berwarna hijau pucat, kemudian kemerah – merahan, lalu warnanya kalau sudah matang adalah biru tua keunguan.  Buah blueberry rasanya asam dan agak manis. Rasa asam dari buah ini mirip dengan apel atau pir, bukan jeruk. Buah ini sendiri rasanya mirip dengan buah anggur hijau dan merah, hanya sedikit lebih manis.

SUMBER : 

http://www.kerjanya.net/faq/17964-belimbing.html

http://manfaatbuah-01.blogspot.com/2015/10/sejarah-belimbing.html?m=1

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Carambola

https://www.google.co.id/amp/s/m.kumparan.com/@kumparanfood/10-manfaat-kesehatan-di-balik-segarnya-belimbing.amp

https://www.anakcemerlang.com/2017/03/definisi-buah-bengkoang.html?m=1

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bengkuang

https://www.google.co.id/amp/s/www.brilio.net/amp/kesehatan/tak-hanya-baik-untuk-kulit-ini-5-manfaat-bengkoang-bagi-kesehatan-180819p.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Blueberry

https://www.alodokter.com/manfaat-blueberry-untuk-kesehatan-ternyata-sangat-dahsyat

http://www.walatrablueberry.com/ciri-ciri-buah-blueberry/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar