Sabtu, 11 Januari 2020

Ingredients 13

1. Kangkung
         Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dijumpai di pasaran. Hampir semua lapisan masyarakat sangat menyukai kangkung. Tidak ada alasan bagi masyarakat untuk mengolah sayur yang satu ini. Kangkung merupakan sayuran yang banyak tumbuh subur di kawasan Asia, Asia Tenggara pada umumnya. Sayur ini sangat memerlukan air ketika menanamnya, sehingga bagi Anda yang berniat mengembangbiakkan kangkung, jangan lupa untuk menyirami sayuran yang satu ini tepat pada waktunya. Jika tidak, kangkung tidak akan berkembang dengan optimal.

          Kangkung memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat yang paling populer di kalangan masyarakat adalah sebagai obat insomnia. Kangkung memiliki kandungan senyawa yang bisa membuat siapapun yang menyantapnya merasakan releks sehingga mereka akan mudah tertidur. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk mengkonsumsi kangkung ketika makan malam agar istirahat mereka lebih optimal. Sebaliknya jangan konsumsi kangkung secara berlebihan di siang hari karena bisa mengganggu aktifitas masyarakat. Selain sebagai obat insomnia, kangkung juga memiliki segudang manfaat. Tentunya hal ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan sayuran lainnya.

          Kangkung sangat aman dikonsumsi mereka yang menderita diabetes. Bahkan beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa kangkung bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit diabetes dikala kehamilan. Dengan harganya yang tergolong murah, kangkung menjadi incaran segala lapisan masyarakat sebagai lauk ketika bersantap.

2. Bayam
          Bayam adalah sejenis sayuran berdaun hijau atau merah. Bayam bertangkai lunak dan bisa dikonsumsi. Bayam memiliki bentuk daun yang bulat dan tangkai cukup panjang. Bayam banyak ditemui di rawa-rawa atau ditanam di tanah yang lembab. Bayam terdiri dari beberapa jenis. Varietas bayam yang terkenal adalah bayam hijau dan bayam merah. Bayam termasuk jenis sayuran yang direkomendasikan para ilmuwan karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bayam tidak terlalu pahit, sehingga bagus dikonsumsi untuk buah hati Anda. Bayam umumnya dipasarkan dalam kondisi sudah berbentuk ikatan. Bayam dapat dimanfaatkan untuk berbagai olahan kuliner, baik pelengkap menu nasi dan lauk maupun sebagai kudapan.

          Bayam terkenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam sangat bagus untuk pembentukan sel darah merahdalam tubuh. Bayam juga tinggi akan vitamin seperti vitamin C. Asupan bayam yang cukup dapat membantu tubuh membentuk sistem imunitas dan meredakan gejala panas dalam. Akan tetapi, bayam mempunyai kandungan purin yang relatif tinggi dan dapat memicu kenaikan asam urat pada persendian. Disarankan bagi penderita asam urat supaya mengurangi asupan bayam.

          Dalam dunia kuliner, bayam menjadi salah satu sayuran yang serba guna. Bayam dapat diolah menjadi sayur bening, tumisan, atau lalapan rebus. Selain itu, bayam juga bisa dibuat kudapan yang bernama keripik atau rempeyek bayam.

3. Daun kemangi
          Daun kemangi atau yang dikenal sebagai daun basil manis adalah tanaman daun Ocinum basilicum, yang masih termasuk ke dalam keluarga daun mints / Lamiaceae. Rasa daun kemangi terasa pedas, dingin, manis, dan wangi aroma yang khas. Daun kemangi merupakan bahan pelengkap dalam masakan khas Indonesia dan beberapa Negara lainnya di Asia, Eropa, maupun Amerika. Biji daun kemangi lebih dikenal dengan sebutan biji selasih, dan biji ini dalam keadaan kering dapat disimpan lama. Bila biji selasih disiram/direndam dengan air akan menjadi butiran biji dengan gelatin yang lembut, dan biji selasih ini sering sekali menjadi bahan pelengkap minuman tradisional Indonesia.

          Khasiat dan manfaat daun kemangi dipercaya karena minyak nabati yang terkandung di dalamnya, minyak daun kemangi ini dipercaya memiliki efek antioksidan, antivirus, dan antimikroba. Di Negara India, daun kemangi dapat digunakan sebagai herbal untuk meringankan serangan asma, stress dan diabetes.

SUMBER:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kangkung
https://8villages.com/full/petani/article/id/58ce1bf67349a2dc13451af5
https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam
https://www.alodokter.com/mengolah-manfaat-bayam-menjadi-hidangan-sehari-hari
https://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi
https://www.alodokter.com/potensi-manfaat-daun-kemangi-sayur-sehat-yang-tidak-perlu-dimasak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar