Sabtu, 11 Januari 2020

Ingredients 10


1. AYAM
Image result for AYAM
Daging ayam didapatkan dari ayam ternak yaitu unggas yang paling banyak diternak di dunia. Daging ayam selalu dihidangkan sebagai makanan dalam berbagai cara, Bagian yang di makan biasanya, (dada, kaki, paha, dsb.), hati, jantung, dan empedu diproses menjadi makanan. ceker ayam lebih jarang dimakan, meskipun kurang lebih terdapat dalam masakan Cina. Kepala, organ-organ dalam seperti paru-paru dan usus, serta bulu biasanya dibuang atau dikisar menjadi makanan berprotein untuk dimasukkan dalam makanan hewan lain, sementara masakan Cina menyajikan ayam lengkap pada hidangan (termasuk kepala), bergantung dengan hidangan itu. Organ dalam juga laris digunakan untuk yakitori.

SEJARAH
Ukiran-ukiran Babylon lebih dari sekitar 600 SM menampilkan ayam sebagai makanan. Ayam merupakan daging yang paling laris didapatkan ketika Zaman pertengahan. Penggunaan daging ayam di A.S. meningkat ketika Perang Dunia II akibat kekurangan daging sapi dan babi. Di Eropa, pemakan daging ayam meningkat dari pemakan daging sapi dan anak sapi pada tahun 1996, mungkin berhubungan mengenai penyakit sapi gila atau B.S.E

NUTRITION CONTENT:
Jumlah Kandungan Energi Daging Ayam = 302 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daging Ayam = 18,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daging Ayam = 25 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daging Ayam = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daging Ayam = 14 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daging Ayam = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daging Ayam = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daging Ayam = 810 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daging Ayam = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daging Ayam = 0 mg

KARAKTERISTIK:

Ayam Jantan
•Berukuran lebih besar dari ayam betina
•Memiliki Jalu panjang,
•Memiliki Jengger lebih besar,
•Bulu Ekornya panjang dan menjuntai

Ayam Betina
•Berukuran kecil,
•Memiliki Jalu pendek, terkadang tidak memiliki jalu
•Memiliki Jengger kecil
•Bulu ekor pendek


2. BEBEK
Image result for BEBEK
Daging bebek merujuk kepada daging yang dihasilkan dari bagian tubuh bebek, terutama dada dan pahanya. Daging paha bebek berwarna gelap dan lebih berlemak dibandingkan dadanya. Daging dada bebek berwarna lebih gelap dibandingkan warna daging ayam dan daging kalkun. Karena bebek merupakan salah satu jenis burung air, daging bebek memiliki lapisan lemak di bawah kulitnya untuk menjaga panas tubuh. Bebek yang dipaksakan gemuk dengan cara diberi makan secara paksa biasanya untuk menghasilkan foie gras, sebuah makanan yang terbuat dari hati bebek
HISTORY
Peternakan bebek sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu, diperkirakan bermula dari kawasan Asia Tenggara.[1] Hewan ini sangat populer di Asia, namun tidak terlalu populer di Amerika dan Eropa, hal ini dikarenakan daging bebek ternak tidak segemuk daging ayam dan bebek lebih mengandung banyak lemak, sehingga harga daging dan telur ayam relatif lebih murah dibanding daging bebek.[2]
Walaupun daging bebek tak sepopuler daging ayam pada umumnya, namun beberapa masakan yang berasal dari daging bebek tertentu sangat terkenal di beberapa moment khusus, seperti pada adimasakan hotel-hotel besar yang ada di seluruh dunia, menyajikan makanan olahan kelas ata dari daging bebek.[3][4]
Bebek juga sangat populer di Cina dan Taiwan, di sana bebek dibudidayakan dan disajikan dalam bentuk yang lebih berkelas.

MANFAAT 

Meski banyak yang mengatakan bahwa daging ini buruk bagi kadar kolesterol tapi daging bebek tetap memiliki manfaat bagi kesehatan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, manfaat daging bebek adalah untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik.

NUTRISI

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 337
Jumlah Lemak 28 g
Lemak jenuh 10 g
Lemak tak jenuh ganda 3,7 g
Lemak tak jenuh tunggal 13 g
Kolesterol 84 mg
Natrium 59 mg
Kalium 204 mg
Jumlah Karbohidrat 0 g
Serat pangan 0 g
Gula 0 g
Protein 19 g
Vitamin A 210 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 11 mg Zat besi 2,7 mg
Vitamin D 3 IU Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin B12 0,3 µg Magnesium 16 mg

MANFAAT
Meski banyak yang mengatakan bahwa daging ini buruk bagi kadar kolesterol tapi daging bebek tetap memiliki manfaat bagi kesehatan. Bila dilihat dari kandungan gizinya, manfaat daging bebek adalah untuk mencegah anemia, membantu meningkatkan sistem imun, serta sebagai sumber protein yang baik.
Bila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, pilihlah daging bebek yang dimasak tanpa banyak menambah lemak atau tanpa kulit. Batasi konsumsinya, tidak lebih dari satu porsi bebek tanpa kulit per hari.
Hindari mengonsumsi bebek yang renyah, karena biasanya bebek ini digoreng dengan kulitnya. Bebek panggang atau rebus adalah pilihan yang lebih baik daripada digoreng.
Konsumsilah makanan yang rendah koleseterol dan lemak jenuh untuk makanan pendamping daging bebek.
                                                             
KARAKTERISTIK

Warna bulunya beragam dan bebek betina biasanya terdapat pola yang berbintik-bintik dan terlihat lebih kusam
Ukuran tubuh bebek pejantan lebih besar dibandingkan betina dan terlihat berlekuk dan membulat
Saat bersuara bebek pejantan tidak keras dan cenderung lembut dibandingkan betina yang bersuara keras
Bagian bulu ekor bebek jantan pada ujungnya terlihat menekuk ke atas sedangkan betina tidak.
Ke duanya memiliki kaki yang lebar, berselaput sehingga mampu berenang di air dan letaknya berada jauh dibelakang tubuh. serta berjalan horizontal dan lambat.
Memiliki paruh lebar dan panjang yang mengandung lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan.
Bobot sekitar 0,7 samapi 1,5 Kg dan Panjangannya sekitar 30 -50 cm.

3. KALKUN
Image result for KALKUN
Daging kalkun merupakan daging dari ayam kalkun, unggas yang banyak dipelihara di Eropa dan Amerika Serikat. Hewan ini memiliki banyak peran dalam perkembangan budaya masyarakat di sana. Daging kalkun utuh biasa disajikan dalam perayaan Thanksgiving dan Natal

SEJARAH:
Sebelum abad ke 20, iga babi merupakan makanan yang paling umum dikonsumsi di hari raya di Amerika Utara. Kalkun ketika itu belum dipelihara di peternakan unggas melainkan masih berkeliaran di alam liar sehingga untuk mendapatkannya harus dengan berburu. Thanksgiving dirayakan di luar musim penyembelihan babi, sehingga daging kalkun digunakan untuk pengganti daging babi. Tradisi mengkonsumsi daging kalkun di hari raya menyebar di kalangan atas penduduk Inggris pada abad ke 17 ,sedangkan kaum buruh mengkonsumsi daging angsa yang dipanggang.

NUTRISI:
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 188
Jumlah Lemak 7 g
Lemak jenuh 2,2 g
Lemak tak jenuh ganda 2,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 2,6 g
Lemak trans 0,1 g
Kolesterol 109 mg
Natrium 103 mg
Kalium 239 mg
Jumlah Karbohidrat 0,1 g
Serat pangan 0 g
Gula 0 g
Protein 29 g
Vitamin A 39 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 14 mg Zat besi 1,1 mg
Vitamin D 15 IU Vitamin B6 0,6 mg
Vitamin B12 1 µg Magnesium 30 mg


MANFAAT:
1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Konsumsi daging kalkun dapat membantu Anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan daging kalkun memiliki kandungan protein dan asam amino yang tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan berbagai macam penyakit dan virus.
2. Membantu mencegah kanker
Daging kalkun memiliki kandungan mineral yang cukup banyak sehingga dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit kanker apabila mengkonsumsinya.
3. Membantu mencegah kolesterol
Dengan mengkonsumsi daging kalkun, Anda tidak perlu khawatir terkena koleterol dikarenakan lemak yang terkandung dalam daging kalkun merupakan jenis lemak tak jenuh. Dengan demikian, konsumsi daging kalkun dapat membantu Anda untuk mencegah koleterol dan kesehatan jantung. Meskipun demikian, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi kalkun dengan daging putih dikarenakan kalkun daging putih dipercaya memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan kalkun kulit gelap. Namun Anda pun masih dapat mengurangi kadar lemak daging kalkun dengan cara menghapus kulit dari daging kalkun.
4. Aman bagi penderita diabetes
Bagi Anda penderita diabates, kalkun merupakan salah satu daging yang aman bagi Anda. Hal ini dikarenakan daging kalkun dapat membantu mengatur tingkat insulin dalam tubuh sehingga aman bagi penderita diabetes.
5. Membantu mengobati insomnia
Daging kalkun dikonsumsi oleh banyak orang untuk mengobati insomnia dikarenakan kandungan vitamin B3 dan B6 pada kalkun yan dapat membantu mengendalikan kondisi emosi. Selain itu, daging kalkun juga mengandung tryptophan yang digunakan untuk memproduksi serotonin yang merupakan neurotransmitter penenang suasana hati yang baik bagi penderita insomnia serta dapat menyebabkan rasa kantuk.
6. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, daging kalkun merupakan salah satu daging yang dapat Anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ni dikarenakan daging kalkun mengandung banyak protein yang dapat mengenyangkan serta memperlambat pencernaan sehingga Anda akan selalu merasa kenyang setelah makan.
7. Membantu membentuk tubuh
Daging kalkun direkomendasikan para ahli fitnes dalam pembentukan tubuh, khususnya konsumsi burger kalkun. Hal ini dikarenakan daging kalkun kaya akan protein dan mengandung sedikit karbohidrat dan lemak sehigga dapat membantu memenuhi nutrisi harian bagi siapa saja yang sedang melakukan prose pembentukan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral dalam daging kalkun juga berguna dalam proses pembentukan tubuh.
Daging ayam kalkun  juga memiliki khasiat seperti manfaat daging domba yakni untuk :
·         Menambah stamina
·         Meningkatkan produksi sel darah merah
·         Salah satu sumber kalori
·         Meningkatkan daya tahan tubuh.

KARAKTERISTIK

Ciri-Ciri Pejantan Ayam Kalkun
-          Kepala berukuran besar, tidak ditumbuhi bulu sedikit pun melainkan dilindungi oleh kulit tebal berlipat-lipat berwarna mrah berbercak-bercak putih dan kebiru-biruan.
-          Mata berwarna merah kehitam-hitaman, letaknya agak tersembunyi oleh lapisan kulit yang berkerut-kerut.
-          Paruhnya berwarna kuning dengan pangkal hitam, bentuknya besar dan panjang, kuat dan tajam sehingga dapat memutuskan jari-jari kita, tidak akan tampak dari depan, karena tertutup oleh lapisan lemak dan kulit yang tumbuh di depan hidung, yang semakin tua akan semakin panjang menjuntai.
-          Bulu pantat dan pada paha agak mengembang berwarna hitam keabu-abuan.
Ciri-Ciri Betina Ayam Kalkun
-          Sedikit perbedaan dengan pejantan terletak pada jengger kecil, tipis dan lemas berwarna hitam kusam.
-          Pial berukuran kecil, warnanya juga hitam kusam.
-          Kelihatan lebih tambun dengan berat badan sekitar 1,5 kg, bila berdiri tegak berkesar sedikit datar.
-          Bulu ekor menyempit pada ujungnya.
-          Antara badan dan sayap sedikit berongga.
-          Bulu badan sebelah bawah dan paha berwarna hitam abu-abu dan agak mengembang.
-          Paruhnya berwarna hitam dengan ujung abu-abu.
-          Lidah, langit-langit, berwarna abu-abu kehitam-hitaman.
-          Matanya besar, bundar, berwarna hitam.
-          Kulit dan telapak kakinya berwarna hitam kusam.
-          Nadi, daging dan kloakanya pun berwarna hitam.
-          Kaki bersisik kecil-kecil teratur rapi dan jari-jari kakinya berwarna hitam kehijau-hijauan.
-          Tulangnya berwarna hitam mengkilap.
-          Kuku-kukunya berwarna hitam, besar-besar dan melengkung kuat.
-          Darahnya berwarna merah kehitam-hitaman.
-          Mulai bertelur setelah berumur 4 bulan, rata-rata 30 butir per periode.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar