Sabtu, 11 Januari 2020

Ingredients 14

1. Mentimun
          Timun merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan buah yang banyak dijumpai khususnya di berbagai macam tempat makan khas Sunda. Mengapa Sunda? Karena tempat makan khas daerah ini memiliki banyak makanan yang disajikan dengan lalapan. Timun merupakan salah satu diantara berbagai lalapan yang ada. Banyak masyarakat yang menggunakan kata timun sebagai ketimun atau mentimun. Namun, jenis yang dimaksud biasanya adalah sama. Jenis buah berbentuk lonjong yang agak melengkung di bagian ujungnya berwarna hijau dengan gradasi di bagian ujung-ujungnya. Untuk memetik buah timun ini, waktu yang tepat adalah ketika buah timun dalam kondisi setengah matang. Hal ini untuk menjamin biji timun tidak menjadi hitam sebelum waktunya.

          Berbagai kegunaan dapat diperoleh dari timun. Selain kegunaan timun yang utama, yaitu sebagai pelengkap lalapan, timun juga memiliki beberapa khasiat di bidang kesehatan. Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Hal ini pastinya sangat berguna bagi kulit wajah yang kering. Selain itu, timun juga mengandung vitamin A, B, dan C. Mineral yang ada di dalamnya juga membawa timun kerap kali digunakan sebagai masker wajah. Sebagian masyarakat malah menggunakan timun sebagai penutup mata dikala mereka tidur sebagai obat untuk menghilangkan kelelahan.

2. Terong
          Terong merupakan suatu jenis sayuran berwarna ungu yang cukup sering dikonsumsi masyarakat pada umumnya. Terong mengandung nutrisi dan komponen lainnya yang ditemukan bermanfaat bagi kesehatan. Kebanyakan manfaat atau nutrisi pada terong terkandung pada kulitnya, yang mana kulit terong mengandung serat yang tinggi, kaya akan kalium, magnesium dan antioksidan.  

3. Paprika
          Paprika adalah salah satu jenis buah yang termasuk dalam kategori terong-terongan. Meski demikian, bentuk dari paprika sangat jauh berbeda dengan terong sayur yang kita tahu pada umumnya. Paprika berbentuk menggembung, hampir bulat, dan cukup keras tekstur dagingnya jika dipijat. Paprika memiliki rasa yang manis, asam dan pedas. Paprika memiliki banyak warna yang sangat mencolok dan menarik untuk dicampurkan ke dalam berbagai hidangan, ada warna merah menyala, hijau muda, kuning terang, orange cerah dan ungu muda. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan telah banyak dikembangkan di berbagai negara Asia, seperti Indonesia.

          Paprika memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yakni sebesar 150 hingga 250 mili gram per 100 gramnya. Paprika banyak dijumpai di berbagai masakan, utamanya sebagai campuran salad karena warnanya yang sangat menarik. Selain sebagai kombinasi salad, paprika juga banyak digunakan sebagai campuran berbagai masakan khas nusantara seperti tumis daging sapi, ayam orak-arik, dan aneka hidangan lainnya. Rasa paprika yang pedas manis membuat banyak hidangan semakin kaya rasa dan istimewa.

SUMBER: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Mentimun
https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-mentimun-cucumber-manfaat-mentimun-bagi-kesehatan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Terung
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-terong-untuk-kesehatan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Paprika
https://www.depokpos.com/2018/08/manfaat-dan-kandungan-gizi-buah-paprika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar