Rabu, 07 Maret 2018

Tugas Praktik ( Jenis Cokelat )

JENIS - JENIS COKELAT

1. Couverture Chocolate
See the source image
       Couverture chocolate adalah cokelat yang terbuat dari cocoa mass, cocoa butter dan gula. Jenis ini di identik dengan rasanya yang pahit dan harganya yang mahal. Proses pengolahannya juga lebih sulit karena membutuhkan peralatan khusus. Tak heran, jika cokelat ini disebut sebagai "the real chocolate"


2. Cocoa Powder
See the source image
       Cocoa powdeer atau cokelat bubuk biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue dan minuman. Yang bubu ini terbuat dari ampas biji cokelat yang telah dipisahkan dari lemaknya. Ampas ini lalu dikeringkan dan digiling halus sehingga menjadi tepung cokelat.


3. Compound Chocolate

white-milk-dark-chocolate

       Compund chocolate adalah jenis yang paling sering ditemui di pasaran. Jenis ini sebenarnya mirip dengan chocolate couverture, hanya saja bahan cocoa butter yang ada diganti dengan lemak nabati. Secara rasa, cokelat compound cenderung lebih manis dan proses pembuatannya pun lebih mudah. Compund chocolate terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Dark Chocolate Compound
See the source image
            Jenis ini merupakan cokelat batangan berwarna pekat dan tidak mengandung susu. Sering digunakan sebagai bahan membuat kue dan makanan ringan lain. Kandungannya sebdiri berkisar diantara 30% ( sweet dark ) ke 70-80 % ( extrame dark ).
  • Milk Chocolate Compound
See the source image
            Jenis yang satu ini paling banyak di jual di pasaran yang terbuat dari campuran gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanila sehingga rasanya lebih manis. Milk chocolate harus mengandung setidaknya 10% cokelat air.

  • White Chocolate Compound
See the source image
              Cokelat yang satu ini warnanya putih. Cokelat ini tidak mengandung bahan berdasar cokelat apapun. Nama ini didapatkan dari cocoa butter sehingga tidak ada rasa yang domain melainkan hanya rasa vanilla atau rasa lain. Standar jenis ini harus mengandung minimal 20% cocoa butter, 14% susu dan 55% gula. 

Sumber : https://pondan.com/article/jenis-jenis-cokelat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar