Kamis, 08 Maret 2018

Ginger ( Jahe )

Describe Ingredient

Jahe ( Ginger )
See the source image
Jahe adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk mirip dengan lengkuas dan berakar. Jahe ini memiliki rasa yang pedas dan hangat. Pedas yang dimaksud bukanlah pedas seperti cabai, melainkan rasa pedas karena sangat hangat. Bagian daging jahe berwarna kuning. Jahe juga terdapat beberapa macam yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. jahe ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Jahe juga bisa dimasak menjadi minuman karena rasanya sangat yang sangat hangat dapat menghangatkan badan. Masakan yang menggunakan jahe biasanya sup atau ikan sarden.

1. Klasifikasi Jahe

Kingdom        : Plantae
Sub Kingdom : Viridiplantae
Divisi              : Tracheophyta
Sub Divisi       : Spermatophytina
Kelas               : magnoliopsida
Ordo                : Zingiberales
Famili              : Zingiberaceae
Genus              : Zingiber Mill
Spesies            : Zingiber Officinale Roscoe

2. Sejarah Jahe

        Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

3. Kandungan Gizi Jahe

 Jumlah per
100 gr 
 kalori ( kcal )
79 
 Jumlah Lemak
0,8 gr 
 Lemak Jenuh
0,2 gr 
 Lemak Tak Jenuh Ganda
0,2 gr 
 Lemak Tak jenuh Tunggal
0,2 gr 
 Kolesterol
0   mg 
 Natrium
13 mg 
 Kalium
13 mg 
 Jumlah Karbohidrat
18 gr 
 Serat Pangan
2 gr 
 Gula
1,7 gr 
 Protein
1,8 gr 
 Vitamin A
0 IU 
 Kalsium
16 mg 
 Vitamin D
0 IU 
 Vitamin B12
0 IU 
 Vitamin C
5 mg 
 Zat Besi
0,6 mg 
 Vitamin B6
0,2 mg 
 Magnesium
43 mg 

4. Fungsi Jahe

        Jahe merupakan tanaman dengan rasa agak pedas, rimpang jahe biasanya dopanen dan digunakan. rimpang merupakan batang tempat akar muncul. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.

        Tanaman ini juga berguna untuk mengobati penyakit pernpasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rsa sakit tubuh. Kandungan Vitamin C dan B6 yang sangat baik, bersama dengan mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Jahe bahkan memiliki sidat antioksidan.

        Air jahe bisa disajikan dengan campuran bahan dapur lainnya, namun kayu manis dan jus lemon bahan yang paling sering ditambahkan dalam minuman ini. Ada beberapa manfaat kesehatan dalam minuman jahe, seperti mempeercepat metabolisme, memperbaiki pencernaan, antioksidan yang baik, menjaga kadar kolesterol dan membantu mengurangi rasa sakit.

5. Karakteristik Jahe

       Jahe adalah tanaman tahunan, berbatang semu, dan berdiri tegak dengan tinggi mencapai 75 cm. Secara morfologi, tanaman jahe tersusun atas akar, rimpang, batang, daun, dan bunga. Sistem perakaran tanaman jahe adalah akar tunggal yang semakin tumbuh berkembang seiring dengan umur tanamannya, lalu membentuk rimpang serta tunas yang akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas akan tumbuh di bagian atas rimpang sedangkan akarnya tumbuh di bagian bawah rimpang.

6. Referensi
  • http://googleweblight.com/i?u=http://www.kerjanya.net/faq/17910-jahe.html&hl=id-ID
  • http://www.materipertanian.com/klasifikasi-dan-ciri-ciri-morfologi-jahe/
  • http://m.liputan6.com/health/read/3035439/5-manfaat-air-jahe-untuk-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar