Jumat, 18 Mei 2018

Salt

Describe



Garam adalah suatu zat berbentuk padat, Kristal, dan berwarna putih yang merupakan hasil dari laut. Garam didapatkan dengan cara mengeringkan air laut sehingga di dapatkan Kristal-Kristal mineral berasal dari air laut. Garam sendiri mempunyai rasa asin. Rasa asin yang didapatkan dari air laut yang asin. Penambangan garam biasanya memanfaatkan sinar matahari terik untuk mengeringkan air laut. Garam yang sudah dikemas dan dijual di pasaran umumnya berbentu serbuk atau bongkahan dalam plastic. Garam juga terdiri dari bermacam-macam, namun yang familiar adalah garam masak dan garam halus.
1. Sejarah Garam
          Menurut sejarah, garam diperkirakan ditemukan pertama kali di Danau Yungchen, China pada 6000 tahun sebelum masehi. Dimana warga setempat memanen garam saat danau tersebut mongering saat musim kemarau. Dan hingga saat itu China menjadi Negara yang sering melakukan perdagangan garam di dunia. Tetapi, hingga 800 tahun sebelum masehi tidak ada yang dapat menuliskan secara jelas bagaimana proses pembuatan garam. Proses pembuatan garam pertama kali ditulis pada zaman Kerajaan Romawi.
          Setelah bangsa Romawi berhasil menuliskan proses pembuatan garam, banyak Negara yang mulai memproduksi garam. Garam pun saat itu menjadi salah satu komoditas yang paling berharga di dunia. Salah satu pusat perdagangan garam terbesar saat itu adalah Maroko Selatan melintasi Sahara ke Timbuktu. Rute terbesar lainnya ialah dari Mesir ke Yunani dengan melintasi Laut Tengah dean Laut Aegea.
          Pada awal abad ke-6, pedagang Moor menjual barang dengan pembayaran emas. Pada zaman tersebut, pedagang menjual garam dengan 1 ons emas. Sedangkan di Abyssinia, lempengan batu garam dari hasil pertambangan yang disebut dengan "Amoles" diubah menjadi koin sebagai alat pembayaran dengan masing-masing koin adalah sekitar 10-20 inc. Sedangkangkan di salah satu daerah di Afrika Tengah menjadikan gaam sebagai mata uang.
          Dari sejarah tersebut, bangsa Romawi kemudian menyebutkan garam dengan kata "Sal" dimana sal memiliki arti Salubrious Crystals ( Kristal yang menyehatkan ) atau sepupu pertama Salus, Dewa Kesehatan.
          Lalu lintas perdagangan garam di Roma pada masa peperangan saat itu adalah Via Salaria dimana tentara perang Romawi berbaris melindungi garam ( yang saat itu menjadi Kristal berharaga ) ke Tiber. Upah tentara saat itu pun berupa garam yang disebut dengan Solarium Argentum. Sebutan ini pun menjadi awal mula kata "Salary" yang berarti gaji. Yang mana saat itu bangsa Romawi menyebutkan dengan "Sal" yang artinya "Upah dengan Garam" 
2. Kandungan Gizi pada Garam
 
 Jumlah Per
100 g 
 Kalori ( kcal )
 0
 Jumlah Lemak
 0g
 Lemak Jenuh
 0 g
 Lemak Tak Jenuh Ganda
 0 g
 Lemak Tak Jenuh Tunggal
 0 g
 Kolesterol
 0 mg
 Natrium
 38.758 mg
 Kalium
 8 mg
 Jumlah Karbohidrat
 0 g
 Serat Pangan
 0 g
 Gula
 0 g
 Protein
 0 g
 Vitamin A
 0 IU
 Kalsium
 24 mg
 Vitamin D
 0 IU
 Vitamin B12
 0 mg
 Vitamin C
 0 mg
 Zat Besi
 0,3 mg
 Vitamin B6
 0 mg
 Magnesium
 1 mg

3. Fungsi Garam
         
          Garam memiliki kandungan utama iodium untuk mencegah berbagai penyakit seperti gondok. Selain itu, garam juga mengandung Natrium, Magnesium, Seng, dan Mineral-mineral lainnya. Garam sangat bagus untuk pencegahan penyakit gondok terutama untuk anak-anak di bawah umur.
         
          Dalam olahan masakan, garam memegang peranan terpenting dalam kunci cita rasa masakan. Hampir semua masakan menggunakan garam sebagai penguat rasa dan pemberi rasa asin serta gurih. Garam juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya bakteri di masakan sehingga garam sering digunakan sebagai sarana pembuatan bahan makanan kering misalnya ikan asin. Garam juga berfungsi sebagai penghilang aroma amis dari ikan, ayam, dan sebagainya.
4. Manfaat Garam
 
          Kalau sayur tanpa gaam saja rasanya tidak enak, bagaimana dengan manusia yang hidup tanpa gaam ? Garam sejatinya diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bias membawa efek negative jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan garam. Beberapa manfaat garam untuk kesehatan manusia
  1. Melancarkan Metabolisme
  2. Meringankan Bronchitis dan Masalah Pernapasan Lainnya
  3. Membuat Rileks Tubuh
  4. Mencegah Hiponatremia
  5. Membersihkan Mulut
  6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
5. Karakteristik Garam
 
          Garam adalah suatu zat berbentuk padat, Kristal, dan berwarna putih yang merupakan hasil dari laut. Garam didapatkan dengan cara mengeringkan air laut sehingga di dapatkan Kristal-Kristal mineral berasal dari air laut. Garam sendiri mempunyai rasa asin
 
6. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar