Kamis, 03 Mei 2018

Pandan

Describe

 
Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Daun pandan adalah jenis daun-daunan berbentuk lancip panjang dan memiliki sudut siku pada bagian daunnya. Daun pandan merupakan jenis daun yang digunakan untuk masakan. Daun pandan berwarna hijau dan warna hijau daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan. Daun pandan berserat halus dan mudah dibuat campuran dalam masakan. Daun pandan mudah ditemukan bahkan terkadang tumbuh di media pot. Tidak hanya bermanfaat banyak, daun pandan juga cantik dipajang dan dijadikan dekorasi halaman rumah. Daun pandan tidak terlalu susah ditemukan di pasar namun lebih baik menyediakan tanaman pandan di rumah karena jarang dijual dalam jumlah sedikit. Daun pandan berbau harum tetapi tidak mempunyai rasa yang khas.
1. History Pandan
 
          Daun pandan berasal dari Indonesia yaitu dari daerah Bangka. Kemudian tesebar ke beberapa Negara Asia Tenggara dan Mediterania melalui perdagangan rempah-rempah.  
 
 
2. Kandungan Gizi Pandan
 


 Calories

 24

 Total Fat

 0 g

 Saturated

 0 g

 Polyunsaturated

 0 g

 Monounsaturated

 0 g

 Trans

 0 g

 Cholesterol

 0 mg

 Sodium

 0 mg

 Potassium

 0 mg

 Total Carbs

 6 g

 Dietary Fiber

 0 g

 Sugars

 0 g

 Protein

 35 g

 Vitamin C

 0,00%

 Vitamin A

 0,00%

 Iron

 0,00%

 Calcium

0,00% 
 
3. Fungsi dan Manfaat Pandan

1. Mengatasi sembelit
Sembelit merupakan tanda kurangnya serat atau cairan tubuh. Konsumsi jus daun pandan saat pagi dan malam hari dapat mengobatinya. Tak cuma jus, tehnya juga berkhasiat baik bagi kesehatan. Caranya rebus beberapa lembar daun pandan dan minum air rebusan selagi hangat.

2. Kram perut
Masalah perut seperti kram bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus atau teh pandan. Tanaman ini baik untuk masalah pencernaan.

3. Kurangnya nafsu makan
Jika merasa kurang nafsu makan, segera minum teh daun pandan. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan nafsu maka. Bagi wanita setelah melahirkan, teh pandan juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan energi.

4. Menurunkan demam
Teh pandan sering direkomendasikan oleh dokter untuk dikonsumsi ketika pasien mengalami demam. Suhu tubuh dapat segera turun, dan penyakit juga cepat pulih.

5. Menetralkan racun
Tidak hanya air kelapa hijau yang mampu menghilangkan atau menetralkan racun, tapi teh daun pandan juga bisa. Tak cuma menetralkan tapi membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.

6. Mencegah kanker
Minum air pandan secara teratur dapat membantu proses penyembuhan kanker, karena
menghambat zat karsinogen.

7. Menghilangkan ketombe
Membilas rambut dan kulit kepala dengan air pandan membantu mengurangi ketombe dan menyuburkan rambut.
 

4. Kaakteistik Pandan

Memiliki batang yang bulat dengan bekas duduk daun dan bercabang, memiliki daun yang berwarna hijau dengan panjangnya mencapai 55-75 cm dan lebarnya yang mencapai 4-5 cm, bunganya majemuk dan berbentuk bongol, warna putih, tinggi tanaman ini mencapai 3,7 - 4,3 m dan lebarnya mencapai kurang lebih 2,3 m - 9,0 m.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar