Kamis, 22 Februari 2018

Lada Hitam

Describe Ingredient



Lada hitam atau Black Papper adalah sejenis rempah yang sudah sangat terkenal sejak beberapa tahun yang lampau. Tanaman ini berkembang subur di Negara tropis atau lembab. Tanaman ini banyak di jumpai di China dan Asia Tenggara. Jika di lihat, tanaman lada hitam ini memiliki warna buah merah gelap, sehingga pada saat digerus buah lada hitam ini akan menjadi gelap. Jika anda menjumpai tanaman lada hitam, langsung saja lihat buahnya yang berupa biji panjang menjulur kebawah, kemudian pastikan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Lada hitam merupakan rempah yang sangat penting. Dari sejak dahulu, lada hitam merupakan salah satu jenis pangan yang ramai di perdagangkan.
 
 
 
1. Klasifikasi Lada Hitam
     Menurut Tjitrosoepomo (2007), klasifikasi tanaman lada hitam adalah sebagi berikut :
  • Kingdom     : Plantae
  • Divisi          : Spermatophyta
  • Subdivsi      : Angiospermae
  • Class           : Discotyledoneae
  • Ordo            : Piperales
  • Familia        : Piperaceae
  • Genus           : Piper
  • Species         : Piper Nigrum L.
 
 
 
2. Sejarah Lada Hitam
       Tanaman lada hitam ditemukan pertama kali di daerah Western Ghast, India. Tanaman lada hitam ditemukan tumbuh liar di daerah pegunungan Assam ( India ) dan Utara Burma. Tanaman ini kemudian mulai dibudidayakan dan menjadi barang berharga ketika mulai di introduksi ke Eropa dan dikenal oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno. Seorang filsafat Yunani bernama Eight Theophratus yang dikenal sebagai Bapak Botani menyebutkan dua tipe lada yang digunakan di Yunani dan Romawi yaitu Black Pepper ( lada hitam ), Piper Nigrum dan Long Pepper ( lada panjang ), Piper Longum. Lada kemudian menyebar dari Malabar ( India ) ke daerah-daerah Eropa dan Asia termasuk Indonesia. Lada kemudian masuk ke Indonesia dibawa oleh masyarakat Hindu ke daerah Jawa.
       Sentra produksi lada di Indonesia adalah Lampung, Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung. Kedua daerah ini memproduksi kurang lebih 90% dari produksi lada di Indonesia. Daerah penghasil lada lainnya yaitu Bengkulu, Aceh, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.
 
 
 
3. Kandungan Gizi Lada Hitam
      
 Informasi Gizi
Per 1 sdm 
 Energi
17 kkal 
 Lemak
0,2 gram 
 Lemak jenuh
0,096 gram 
 Lemak tak jenuh Ganda
0,069 gram 
 Lemak tak jenuh Tunggal
0,051 gram 
 Kolesterol
0 mg 
 Protein
0,72 gram 
 Karbohidrat
4,41 gram 
 Serat
1,7 gram 
 Gula
0,04 gram 
 Sodium
1 mg 
 Kalium
92 mg 
 Kalsium
31 mg 
 
 
 
4. Fungsi Lada Hitam
       Fungsi lada hitam sebagai salah satu komodasi yang ramai di perdagangkan. Lada hitam memliki berbagai fungsi utamanya yaitu bumbu masak. Lada hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalamnya disinyali dapat mengurangi resiko manusia dari bahayanya kanker payudara. Selain itu adanya antioksidan di dalam lada hitam juga dikatakan dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar.
       Bagi mereka yang memiliki masalah dengan system pencernaannya, juga bisa melakukan konsumsi secara rutin lada hitam ini. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Terdapat kandungan khusus yang membuat lada hitam bisa meredakan gas yang ada didalam tubuh manusia. Selain itu, lada hitam juga bisa di manfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan lada hitam ke makanan anda. Maka anda akan merasakan hasilnya.



 
5. Karakteristik Lada Hitam
        Lada hitam ( Piper Nigrum Linn ) adalah tumbuhan hujau yang tumbuh bertahun-tahun yang menghasilkan buah seperti beri dan memiliki aroma yang pedas atau tajam. Awalnya diketahui sebagai "Pamienta" atau "Paminta" yang merupakan golongan dari Famili Piperaceae. Lada hitam memiliki beberapa ciri-ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuknya seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang berwarna putih dan panjang yang menghasilkan buah-buah pendek yang  menggelantung dengan panjang 4 - 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri berwarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi warna merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan proses men-Drying atau menjemur buah yang matang ataupun belum matang di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk lada putih digunakan proses perendaman dan pengelupasan kulit luarnya sebelum dipanaskan. Piperin ( 1-piperoylpiperidine ), adalah senyawa aktif utama yang ada dalam lada hitam. Piperine dan isomernya merupakan faktor utama yang memberikan rasa pedas pada lada hitam.
 
 
 
6. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar