Kamis, 05 April 2018

My Task

Terminology

1. Beef Rice Bowl


Gyudon ( sapi, mangkuk) atau beef bowl adalah makanan Asia asal Jepang yang berjenis Donburi berupa semangkuk nasi putih yang di atasnya diletakkan irisan daging sapi bagian perut dan bawang Bombay yang sudah dimasak dengan kecap asin dan gula. Sebagai penyedap, diatasnya sering ditambahkan asinan jahe (benishoga), campuran rempah dan cabai yang disebut shichimi, atau telur ayam mentah sesuai selera. Gyudon berasal dari makanan yang disebut Sukiyakidon (Sukiyaki Donburi). sehingga sering dijumpai gyudon yang memakai shirataki seperti halnya sukiyaki.


2. Egg Drop Soup


Egg Drop Soup atau biasa disebut Flower Egg Soup yaitu soup yang dimana kaldu ayam di tambahkan telur yang telah dikocok dan biasa di berikan tambahan ayam, tahu, daun bawang, dan mempunyai ciri khas yaitu telur yang lembut bercampur di dalamnya kaldunya.


3. Tang Yuan


Lebih familiar disebut Ronde di Indonesia. Nama Tang Yuan merupakan metafora dari reuni keluarga ( Hanzi=penyederhanaan) yang dibaca Tuan Yuan (menyerupai Tang Yuan). Masyarakat China biasa mengonsumsi Tang Yuan saat festival Yuanxiao atau festival Lampion atau pada setiap kesempatan di adakan perkumpulan keluarga, misalnya saat pesta pernikahan.


4. Tang Zhong Bread


Tang Zhong atau water roux adalah adonan campuran roti yang dibuat untuk membuat roti menjadi lebih lembab. Dengan cara ini kandungan air yang diserap oleh roti menjadi lebih banyak sehingga roti yang dihasilkan sulit menjadi kering. Maksud dari Water Roux ialah metode yang digunakan dalam pembuatan roti untuk menciptakan roti lembut dan halus yang berasal dari Jepang. Namun, itu dipopulerkan di seluruh Asia Tenggara pada 1990-an oleh seorang wanita China bernama Yvonne Chen. Yvonne Chen mengatakan bahwa ''menggunakan metode ini juga memungkinkan roti untuk tetap segar lebih lama tanpa perlu menggunakan pengawet buatan. Di China disebut Tang Zhong, sementara di Perancis namanya Water Roux Method. Tapi menurut beberapa sumber, metode ini pertama kali dipakai di Jepang dengan nama Hokaido Bread, tapi di populerkan di China.


5. Tom Yam


Tom Yam atau biasa disebut Dom Yam adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, Tom Yam biasanya disebut dengan udang ( Tom Yum Goong ), ayam ( Tom Yum Gai ), ikan ( Tom Yum Pla ), atau makanan laut yang dicampur ( Tom Yum Talay atau Yum Po Taek ) jamur.


6. Khao Niao Mamuang


Ketan manga adalah hidangan penutup Thailand yang terbuat dari beras ketan, manga, dan santan. Makanan ini dapat dimakan dengan garpu, sendok, atau langsung dengan tangan. Meskipun berasal dari Thailand, makanan ini dikonsumsi di wilayah geografis Indochina di Asia Tenggara, seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam, ketan manga lazim menjadi sajian dalam puncak musim manga pada musim panas bulan April dan Mei di Thailand.


7. Khao Plao


Khao Plao atau nasi putih adalah beras ( atau kadang-kadang serealia lain ) yang telah direbus ( dan ditanak ). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai 'tim'. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya.


8. Thai Beef Salad


Thai Beef Salad adalah salad atau appetizer asal Thailand yang terdiri dari daging sapi yang di grill lalu di iris tipis, kemudian di campurkan dengan lime juice, red cabbage dan birds eye chili. Kemudian di toss dan di sajikan dengan kondisi dingin dan biasa di garnish dengan cilantro leaves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar