Kamis, 05 April 2018

Tomat

Describe

Tomat ( Solanum Lycopersicum Syn. Lycopersicum Esculentum ) merupakan salah satu produk hortikultura yang berpotensi, menyehatkan, dan mempunyai prospek pasar cukup menjajikan. Tomat, baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Buah Tomat terdiri dari 5-10% berat kering tanpa air dan 1% kulit dan biji. Jika buah Tomat dikeringkan, glukosa dan frktosa, sisanya asam-asam organic, mineral, pigmen, vitamin, dan lipid.
1. Klasifikasi Tomat
  • Kingdom      : Plantae
  • Subkingdom : Trachebionta
  • Divisio          : Magnoliophyta
  • Kelas             : Magnoliopsida
  • Subkelas        : Asteridae
  • Ordo              : Solanales
  • Famili            : Solanaceae
  • Genus            : Solanum
  • Species          : Solanum Lycopersicum
2. Sejarah Tomat
          Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Inca dan suku Aztec pada tahun 700 SM. Sementara itu, bangsa Eropa mulai mengenal tomat sejak Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika dan tiba di Pantai San Salvador pada tanggal 12 Oktober 1492. Ketika itu, Columbus diperintahkan oleh Ratu Isabella dari Kerajaan Castilia, Spanyol untuk mencari emas dan rempah-rempah, tetapi ia pulang justru membawa biji-bijian, seperti jagung, cabai, dan tomat. Meskipun ratu Isabella kecewa dengan hasil yang di bawa Columbus, tetapi akhirnya biji-bijian tersebut ditanam juga oleh para petani di Spanyol dan menyebar sampai ke beberapa Negara Eropa lainnya.
          Tatkala penyebaran tomat telah mencapai Benua Eropa bagian Utara, orang-orang di daerah itu menamai tomat dengan bebagai julukan. Orang Prancis menyebut tomat dengan apel China. Sementara itu, orang Jerman menyebutnya dengan Apel Surga. Lain halnya di Inggris, orang-orang di Negara kerajaan itu justru tidak percaya kalau tomat bias dimakan. Mereka menganggap tomat adalah buah beracun. Kekhawatiran yang sama juga terjadi di antara penduduk Amerika, bahkan terus berlangsung hingga abad ke-19. Namun pada tahun 1821, orang-orang Louisianan di New Orleans mulai memakai tomat dalam berbagai menu masakan mereka. Tak lama kemudian berita ini cepat menyebar sehingga banyak ditiru di masyarakat luas yang menggunakan tomat sebagai campuran masakan seafood.
          Penyebaran tomat di Indonesia dimulai dari Filipina dan Negara-Negara Asia lainnya pada abad ke-18. Pada awalnya, tomat yang pertamakali ditanam oleh suku Inca dan suku Aztec ini masih berbuah kecil dan produktivitasnya juga masih rendah. Hal ini jelas berbeda dengan kondisi sekarang. Buah tomat yang dihasilkan bias menghasilkan bobot hingga 0,4 kg per buah atau 5-8 kg buah pertanaman. Selain kualitas dan buahnya yang tinggi, tanaman tomat hibrida juga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi agroklimat, mulai daerah dataran rendah, dataran menengah, hingga dataran tinggi. Bahkan ada juga varietas yang tahan terhadap hama dan penyakit tertentu.
3. Kandungan Gizi Tomat

 Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan 
 Kalori
 18 kal
 Karbohidrat
 3,9 g
 Air
 95%
 Protein
 0,9 g
 Gula
 2,6 g
 Serat
 1,2 g
 Lemak
 0,2 g
 Vitamin A
 42 mg
 Vitamin C
 13,7 mg
 Vitamin D
 0 mg
 Vitamin E
 0,54 mg
 Vitamin K
 7,9 mg
 Vitamin B1 ( Thiamine )
 0,04 mg
 Vitamin B2 ( Riboflavin )
 0,02 mg
 Vitamin B3 ( Niacin )
 0,59 mg
 Vitamin B5 ( Panthothenicacid )
 0,09 mg
 Vitamin B6 ( Pyridoxine )
 0,08 mg
 Vitamin B9 ( Folat )
 15 mg
 Vitamin B12
 0 mg
 Cholin
 6,7 mg
 Kalsium
 10 mg
 Zat Besi
 0,27 mg
 Magnesium
 11 mg
 Fosfor
 24 mg
 Potassium
 237 mg
 Sodium
 5 mg
 Seng ( Zinc )
 0,17 mg
 Tembaga ( Copper )
 0,06 mg
 Manganese
 0,11 mg
 Selenium
0 mg 

4. Manfaat Tomat
       Mengkonsumsi tomat atau makanan yang terbuat dari tomat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat tomat bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Memperlancar Sistem Pencernaan
  • Menurunkan kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung
  • Mencegah Kanker
  • Membantu Memperkuat Tulang
  • Menjaga Kesehatan Kulit
  • Menjaga Depresi

5. karakteristik Tomat

          Tomat adalah tanaman setahun yang berbentuk perdu. Bentuk buahnya, bermacam-macam, ada yang bulat ada yang bulat pipih dan ada pula yang seperti bola lampu, akan tetapi semuanya berdaging, banyak mengandung air dan tersusun dalam tandan-tandan. Daunnya bercelah menyirip dan tersusun dalm sebuah tangkai bersama.

          Tomat termasuk sayuran buah yang paling digemari oleh setiap orang. Hal ini disebabkan karena rasanya yang enak, segar dan sedikit asam. Tomat banyak mengandung merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan sedikit vitamin B, terutama pada buah tomat yang telah tua (merah). Banyak Vitamin A adalah 2 sampai 3 kali banyaknya vitamin A yang terkandung dalam buah semangka.


6. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar