Kamis, 23 Agustus 2018

Ingredients

1. Jahe ( Ginger )
          Jahe adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk mirip dengan lengkuas dan berakar. Jahe ini memiliki rasa yang pedas dan hangat. Pedas yang dimaksud bukanlah rasa pedas seperti cabai melainkan rasa pedas karena sangat hangat. Bagian daging jahe berwarna kuning. Jahe juga terdapat beberapa macam yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Jahe juga bisa dimasak menjadi minuman karena rasanya yang hangat dapat menghatkan badan. Masakan yang menggunakan jahe biasanya sup atau ikan sarden.

         Jahe merupakan golongan rempah yang memiliki banyak manfaat didalamnya. Diantaranya dapat sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit seperti, kanker usus, jantung, rematik, masalah pencernaan, dan juga morning sickness atau mual-mual. Jahe memang sangat bagus untuk mengobati berbagai macam penyakit.

2. Lengkuas ( Galangal )
          Lengkuas adalah salah satu bahan dasar dalam bumbu masakan. Lengkuas berbentuk padat, bula oval, dan besar. Lengkuas berwarna merah ketika masih muda dan berwarna putih kekuningan ketika sudah ranum. Lengkuas memiliki daging yang tidak terlalu keras. Lengkuas memiliki rasa gurih dan manis serta beraroma harum. Lengkuas umum digunakan di Indonesia karena masakan Indonesia umumnya berempah lengkap dan berasa gurih. Lengkuas dapat dikelompokkan dalam jenis umbi-umbian. Untuk mendapatkan lengkuas, petani lengkuas biasanya memanen akar dari tanaman lengkuas. Lengkuas cukup mudah ditemukan di pasaran Indonesia karena memang salah satu bumbu utama yang wajib ada dalam beberapa masakan. Lengkuas biasa dijual per kilo atau satu paket dengan bumbu-bumbu lainnya.

          Lengkuas cukup banyak digunakan baik untuk kesehatana atau untuk kuliner. Lengkuas mengandung transkoniferil disasetat yang mampu mencegah tumor. Selain itu, lengkuas juga cukup berkhasiat untuk mencegah radang. Lengkuas juga digunakan untuk obat anti mabuk apabila Anda sedang dalam perjalanan. Sedangkan untuk kuliner, lengkuas digunakan untuk menambah aroma dan rasa gurih dalam masakan. Jenis masakan yang menggunakan lengkuas contohnya adalah sayur asem, rendang, balado, dan lainnya. Umumnya lengkuas digunakan untuk menonjolkan rasa dari bumbu-bumbu pedas berbahan dasar bawang merah dan cabai. Lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai kremes atau serundeng untuk masakan yang digoreng misalnya ayam goreng atau empal goreng.

3. Kunyit ( Turmeric )
          Kunyit merupakan sebuah tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak kegunaan. Mulanya kunyit yang merupakan tanaman rempah-rempah ini banyak berkembang di daratan Asia Tenggara, kemudian dengan cepat kunyit berkembang ke daerah Indonesia, Malaysia, dan negara tetangga lainnya. Jenis tanaman yang tergolong jahe-jahean ini banyak dikonsumsi masyarakat baik untuk bahan pengolah masakan ataupun digunakan sebagai jamu dan juga bahan untuk menjaga kecantikan alami setiap wanita. Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa kimia yang dapat membangkitkan hal itu. Untuk membedakan kunyit dengan tanaman berguna lainnya, Anda dapat melihat dari warna buah ini sendiri. Kunyit memiliki warna kuning pada daging buahnya.

          Dikarenakan warna kuning pada daging buah, kunyit sering kali digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan atau masakan rumahan. Untuk menghasilkan masakan gulai yang sedap umumnya para koki rumah makan akan menggunakan kunyit sebagai pewarna alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar