Kamis, 09 Agustus 2018

Ingredients

1. Bawang Putih ( Garlic )

          Bawang putih adalah jenis tanaman berbentuk umbi. Bawang putih merupakan jenis bawang-bawangan yang berwarna putih atau kuning. Bawang putih dilapisi dengan kulit yang keras. Berbeda dengan jenis bawang lainnya, bawang putih tidak berbentuk seperti buku. Bawang putih berbentuk umbi yang utuh. 

          Bawang putih mempunyai karakteristik khas yakni beraroma tajam dan memiliki rasa pedas. Bawang putih cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara di Asia. Hal ini dikarenakan bawang putih telah menjadi bahan bumbu utama untuk masakan Asia dan mudah tumbuh di negara tropis. Bawang putih mempunyai banyak manfaat, bahkan daunnya juga menjadi bahan utama dalam bumbu masakan.

          Bawang putih bagus dikonsumsi mentah atau dalam bentuk masakan. Sebagai bumbu utama masakan, bawang putih berperan untuk memberi rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan. Bawang putih juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan. Bawang putih merupakan penguat rasa alami yang bebas dari bahan-bahan kimia.


2. Bawang Merah ( Shallot )
          Bawang merah adalah salah satu varietas tumbuhan berumbi yang dapat hidup di dataran tinggi. Bawang merah disebut seperti itu karena memiliki warna ungu kemerahan pada kulitnya dan dagingnya. Bawang merah memiliki tekstur yang mirip dengan bawang bombay yaitu berlapis-lapis namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bawang merah berbentuk satuan, tidak seperti bawang putih yang umbinya terkumpul dalam satu kulit. 

           Bawang merah memiliki ciri khas berupa bau yang tajam tetapi tidak setajam bawang putih dan aroma gurih serta sedikit pedas. Bawang merah biasanya dipanen beserta daunnya. Daun bawang merah juga dapat digunakan untuk bahan masakan atau taburan. Bawang merah memiliki tekstur yang lebih berair sehingga lebih mudah dihaluskan untuk bumbu masakan. Bawang merah dapat membentuk kulit baru bila disimpan dalam waktu yang lama dalam keadaan terkupas

3. Bawang Bombay ( Onion )

          Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang. Bedanya bawang bombay memiliki ukurang yang lebih besar dari bawang putih dan bawang merah. Bawang bombay memiliki warna kulit coklat terang, berbentuk bulat dan umumnya memiliki besar seperti kepalan tangan orang dewasa. Bawang bombay memilki lapisan daging yang tebal. 

          Bawang bombay ini kegunaanya sama seperti bawang merah dan bawang putih yaitu sebagai penambah rasa dan aroma. Aroma bawang bombay yang cukup kuat dan rasa dari bawang bombay yaitu manis sehingga sangat cocok untuk membuat masakan. Bawang bombay tidak hanya digunakan untuk campuran masakan saja tapi dapat juga digoreng langsung dengan menggunakan tepung siap saji. Rasanya manis dan ada sensasi kriuk dari bawang bombay goreng tepung atau lebih dikenal dengan onion ring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar