Senin, 01 Oktober 2018

Local food

1. Jalangkote
     Jalangkote adalah makanan ringan kuliner khas Makassar yang bentuknya serupa dengan kue pastel. Bedanya kue pastel memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair campuran cuka dan cabe.Jalangkote memiliki isi wortel dan kentang yang dipotong dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu-bumbu lainnya. 

     Beberapa jalangkote menambahkan seperempat atau setengah telur rebus dan daging cincang untuk isinya. Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam.

2. Lumpia
     Lumpia semarang merupakan makanan semcam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang merupakan perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Katanya lumpia dulunya dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.

     Makanan ini mulai dijajakan dan menjadi terkenal di Semarang saat pesta olahraga Ganefo yang diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Sampai saat ini makanan ini masih menjadi favorit dan banyak diburu traveler sebagai buah tangan untuk keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar