Rabu, 26 September 2018

Ingredients

1. Cabai rawit
          Cabe rawit merupakan suatu tanaman yang dibudidayakan untuk diambil buahnya. Buah cabe rawit berubah dari warna hijau menjadi merah. Akan tetapi banyak masyarakat yang menyukai cabe rawit ketika mereka masih berwarna hijau. Bentuk cabe rawit adalah kecil dan pendek. Namun, jika Anda memakannya akan timbul rasa pedas yang sangat mengengat. Bagi mereka yang menyukai cita rasa pedas pasti sangat menyukai cabe rawit. Rasanya sangat tidak sesuai dengan bentuknya. Hal ini mengapa terdapat peribahasa 'kecil-kecil cabe rawit' yang kerap kali ditujukan bagi anak kecil yang memiliki energy atau kemampuan super.

          Cabe rawit berguna sebagai pelengkap masakan. Cabe rawit dapat dikonsumsi dalam keadaan langsung dimakan setelah dipetik buahnya kemudian dibersihkan atau juga diolah bersama dengan masakan. Sebagai contoh ketika Anda mengkonsumsi masakan kuah, umumnya Anda akan memotong cabe rawit dalam mencampurkannya bersama kuah tersebut. Sementara ketika Anda menyantap gorengan, Anda langsung mengambil cabe rawit utuh dan menggigitnya.

2. Cabai merah keriting
         Cabai keritingadalah buah dari salah satu jenis tanaman cabai-cabaian yang berbentuk panjang dan ramping namun memiliki tekstur keriting. Cabai keriting biasanya berwarna merah, namun ada juga cabai keriting yang berwarna hijau. Rasanya pedas dan di dalamnya terdapat biji-bijian yang sangat kecil namun sangat keras. Biji-bijian dari cabai keriting inilah yang menghasilkan rasa pedas pada saat dimakan.

          Selain berfungsi sebagai pemeriah bumbu masakan, cabai keriting juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh seperti vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dalam cabai sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem penglihatan manusia dan vitamin C sangat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

          Untuk mengolahnya menjadi hidangan yang lezat, cabai biasa difungsikan sebagai bahan utama untuk membuat sambal, bumbu tambahan dalam tumis, rendang, semur, serta berbagai masakan khas nusantara lainnya. Cabai keriting juga bisa dijadikan minuman sehat jika dicampurkan dengan gingseng dan madu, atau menjadi garnish dalam berbagai hidangan dalam dan luar negeri.

3. Cabai gendot

          Cabe gendoL atau habanero adalah cabe terpedas di dunia ini mencapai 100.000-350.000 skala scovilla. Untuk penanaman di daerah jawa, cabe gendol ini sendiri tersebar di daerah bandung dan di sekitar dieng jawa tengah, cabe gendol mempunyai ciri lebih besar dari cabe rawit dan cabe gendol lebih pedas dari cabe rawit.


          Tanaman cabe dapat tumbuh di dataran rendah ataupun tinggi dengan ketinggian 500-1000 dari permukaan laut. Untuk produktifitas cabe, dataran rendah lebih produktif dari dataran tinggi, karena kecukupan sinar matahari dan suhu yang cocok untuk tanaman cabe.
 sedangkan pada dataran tinggi akan kekurangan sinar matahari dan suhu yang dingin sehingga daun akan merimbun, panen buah lebih sedikit dan rentang akan pembusukan di bandingkan di dataran rendah.
       


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar