Halaman

Selasa, 25 September 2018

Ingredients

1. Jeruk Nipis ( Lime )
          Jeruk nipis adalah jenis buah jeruk dengan nama lain lime, citrus, atau jeruk asam. Jeruk nipis berbentuk bulat, memiliki warna hijau, dan berkulit sedikit keriput. Jeruk nipis mudah ditemukan karena mudah tumbuh di daerah tropis. Jeruk nipis mempunyai rasa yang kecut dan asam namun beraroma harum dan segar. Jeruk nipis banyak digunakan untuk masakan, minuman, bahkan obat. Jeruk nipis merupakan tanaman obat keluarga atau TOGA yang bisa ditanam di kawasan perumahan bahkan menggunakan media polybag atau hidroponik. Jeruk nipis juga termasuk tanaman yang tahan dari hama, perubahan cuaca, dan penyakit sehingga merupakan komoditi pangan dan pertanian  yang cukup bagus dikembangkan.

          Jeruk nipis mengandung senyawa citrus, vitamin C, dan asam alfa hidroksi yang berfungsi tinggi untuk kesehatan. Vitamin C dalam jeruk nipis bagus untuk antioksidan, menjaga sistem imun tubuh, dan menyembuhkan panas dalam. Sedangkan senyawa asamnya bagus untum menjaga kesehatan kulit. Jeruk nipis juga berfungsi sebagai obat batuk.

          Jeruk nipis tentunya menjadi bahan untuk masakan dan olahan kuliner lainnya. Fungsi jeruk nipis antara lain menghilangkan bau amis pada ikan dan ayam. Selain itu, jeruk nipis juga menambah kesegaran olahan sambal. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman hangat dan minuman dingin.

2. Lemon
          Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan. 

          Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 

          Air jeruk lemon digunakan untuk bahan minuman, atau untuk memarinase daging. Sari lemon juga digunakan untuk memberikan rasa pada kue dan cake, serta salad. Bagian kulitnya juga bisa diparut untuk digunakan dalam pembuatan cake. 

          Lemon sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalsium, fosfor, dan magnesium. Lemon sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam organ pencernaan.


3. Jeruk Purut ( Kaffir Lime )
          Jeruk purut adalah salah satu jenis buah yang berbentuk bulat, tekstur kulitnya kasar dan bergelombang. Rasa asam dan aroma khas dari jeruk purut menjadikannya biasa dimanfaatkan sebagai bumbu untuk berbagai masakan, daun jeruk purut juga banyak dipakai karena aromanya yang juga harum.

          Jeruk purut berkhasiat untuk menyembuhkan flu, kulit kusam, kelelahan dan bisa juga untuk menghilangkan ketombe. Ini karena jeruk purut memiliki banyak kandungan gizi seperti zat tanin, saponin, steroid triterpenoid serta minyak asiri yang memiliki banyak sitrat di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar