Halaman

Jumat, 24 Agustus 2018

Local Food

1. Coto Makassar ( Makassar )
       Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Rasa hidangan ini di setiap warung memang hampir-hampir sama, tapi yang membuat berbeda adalah bumbu tambahan yang diberikan oleh masing-masing pedagangnya. Dan itu menjadi rahasia dapur masing-masing.

       Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya.

       Coto Makassar biasa disantap dengan ketupat atau burasa, dan dilengkapi dengan sambal taoco. Penggunaan taoco ini memperkuat dugaan kalau makanan ini dipengaruhi oleh makanan Cina yang sudah dikenal pada abad ke-16. Diduga juga kalau Coto Makassar sudah ada sejak Somba Opu, pusat Kerajaan Gowa, yang pernah berjaya pada tahun 1538.

2. Pallubasa ( Makassar )
Pallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan Seperti Coto Makassar. Pallubasa juga terbuat dari jeroan (isi dalam perut) sapi atau kerbau. Proses memasak pun hampir sama dengan Coto Makassar, yakni jeroan direbus dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian ditaruh/dihidangkan dalam mangkuk Dahulu pallubasa untuk bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.
Kini masyarakat menyukai bagian daging sapi yang terletak bagian belakang yang dikenal dengan sirloin. Beberapa penjual pallubasa juga memberi beberapa pilihan daging sapi atau jeroan untuk dihidangkan.

Yang membedakan dengan Coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus. Kemudian kalau Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.

Kamis, 23 Agustus 2018

Ingredients

1. Jahe ( Ginger )
          Jahe adalah salah satu bumbu masakan yang memiliki bentuk mirip dengan lengkuas dan berakar. Jahe ini memiliki rasa yang pedas dan hangat. Pedas yang dimaksud bukanlah rasa pedas seperti cabai melainkan rasa pedas karena sangat hangat. Bagian daging jahe berwarna kuning. Jahe juga terdapat beberapa macam yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe ini dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Jahe juga bisa dimasak menjadi minuman karena rasanya yang hangat dapat menghatkan badan. Masakan yang menggunakan jahe biasanya sup atau ikan sarden.

         Jahe merupakan golongan rempah yang memiliki banyak manfaat didalamnya. Diantaranya dapat sebagai kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit seperti, kanker usus, jantung, rematik, masalah pencernaan, dan juga morning sickness atau mual-mual. Jahe memang sangat bagus untuk mengobati berbagai macam penyakit.

2. Lengkuas ( Galangal )
          Lengkuas adalah salah satu bahan dasar dalam bumbu masakan. Lengkuas berbentuk padat, bula oval, dan besar. Lengkuas berwarna merah ketika masih muda dan berwarna putih kekuningan ketika sudah ranum. Lengkuas memiliki daging yang tidak terlalu keras. Lengkuas memiliki rasa gurih dan manis serta beraroma harum. Lengkuas umum digunakan di Indonesia karena masakan Indonesia umumnya berempah lengkap dan berasa gurih. Lengkuas dapat dikelompokkan dalam jenis umbi-umbian. Untuk mendapatkan lengkuas, petani lengkuas biasanya memanen akar dari tanaman lengkuas. Lengkuas cukup mudah ditemukan di pasaran Indonesia karena memang salah satu bumbu utama yang wajib ada dalam beberapa masakan. Lengkuas biasa dijual per kilo atau satu paket dengan bumbu-bumbu lainnya.

          Lengkuas cukup banyak digunakan baik untuk kesehatana atau untuk kuliner. Lengkuas mengandung transkoniferil disasetat yang mampu mencegah tumor. Selain itu, lengkuas juga cukup berkhasiat untuk mencegah radang. Lengkuas juga digunakan untuk obat anti mabuk apabila Anda sedang dalam perjalanan. Sedangkan untuk kuliner, lengkuas digunakan untuk menambah aroma dan rasa gurih dalam masakan. Jenis masakan yang menggunakan lengkuas contohnya adalah sayur asem, rendang, balado, dan lainnya. Umumnya lengkuas digunakan untuk menonjolkan rasa dari bumbu-bumbu pedas berbahan dasar bawang merah dan cabai. Lengkuas juga bisa dimanfaatkan sebagai kremes atau serundeng untuk masakan yang digoreng misalnya ayam goreng atau empal goreng.

3. Kunyit ( Turmeric )
          Kunyit merupakan sebuah tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak kegunaan. Mulanya kunyit yang merupakan tanaman rempah-rempah ini banyak berkembang di daratan Asia Tenggara, kemudian dengan cepat kunyit berkembang ke daerah Indonesia, Malaysia, dan negara tetangga lainnya. Jenis tanaman yang tergolong jahe-jahean ini banyak dikonsumsi masyarakat baik untuk bahan pengolah masakan ataupun digunakan sebagai jamu dan juga bahan untuk menjaga kecantikan alami setiap wanita. Di dalam kunyit terdapat kandungan senyawa kimia yang dapat membangkitkan hal itu. Untuk membedakan kunyit dengan tanaman berguna lainnya, Anda dapat melihat dari warna buah ini sendiri. Kunyit memiliki warna kuning pada daging buahnya.

          Dikarenakan warna kuning pada daging buah, kunyit sering kali digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan atau masakan rumahan. Untuk menghasilkan masakan gulai yang sedap umumnya para koki rumah makan akan menggunakan kunyit sebagai pewarna alami.

Tools

1. Garlic Press
  • Fungsi.  : Digunakan untuk menghaluskan bawang putih secara mudah dan cepat
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Bersihkan menggunakan sabun lalu bilas dengan air bersih


2. Rolling Pin
  • Fungsi.  : Digunakan untuk menghaluskan adonan
  • Material: Wood, Stainless Steel, and Plastic
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Bersihkan menggunakan sabun lalu bilas dengan air bersih


3. Biscuit Press
  • Fungsi.  : Digunakan untuk mencetak biskuit dengan cara ditekan
  • Material: Plastic and Stainless Steel
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Bersihkan menggunakan sabun lalu bilas dengan air bersih

My Daily Activity English Vers.

          Today is exactly my turn to be a class leaders,  so I came earlier than before. I arrived today at 06.40 am because today was my first day to be a kitchen leaders. So I was waiting for my friend who’s more experienced than me. After 10 mins of waiting, Sally’s finally came and told me if I had to take the kitchen’s key and chiller at security. So, I went to the security. After that, I opened kitchen’s door, windows, and chiller.

          After done those things, I filled some of letters that have been stuck on walls. Afterwards, I did oneline outside the kitchen. While oneline, some of seniors began to divide the menu today. My group got to do a pho bo and tom yan goong. After oneline, we were cooking together. I took some of ingredients to make pho bo. After pho bo already done, I started to help my friend for making tom yam goong. And me and Miftah were explained at the office room.

          After me and Miftah were explained. We had to wash all of the stuffs that we use. Today were me, Fatta, and Mifta who did steward. We started to eat and went back to steward. Because today I’m the class leaders, I had to wash every trash on the kitchen’s area. After I went back from steward, I took a rest for a while and waited for everyone who had done gc. After gc, I still had to take a look every place to make sure it’s clean and check the temperature on chiller and freezer. After did that, we were doing oneline, and went back to our home.



My Daily Activity Indonesian Vers.

           Hari ini adalah giliran saya menjadi ketua kelas, jadi hari ini saya datang terlalu awal. Hari ini saya tiba pukul 06.40. Karena ini hari pertama saya menjadi ketua kelas di kitchen, jadi saya pun menunggu teman saya yang lebih berpengalaman. Setelah 10 menit kemudian, akhirnya sally datang dan memberitahukan kepada saya kalau saya harus mengambil kunci kitchen dan chiller di poa satpam. Jadi, saya pun ke pos satpam. Setelah itu, saya pun membuka pintu kitchen, jendela, dan chiller.

          Setelah itu, saya pun mengisi beberapa kertas yang tertempel di beberapa dinding. Setelah itu, saya pun langsung oneline di luar kitchen. Saat oneline, kakak senior pun mulai membagikan menu hari ini. Hari ini, kelompok saya bertugas untuk membuat pho bo dan tom yan goong. Setelah kami oneline, kami pun langsung mulai memasak. Saya langsung mengambil bahan-bahan untuk pembuatan pho bo. Setelah pembuatan pho bo selesai, saya pun mulai membantu teman saya untuj membuat tom yam goong. Setelah selesai, saya dan Miftah explain di office.

         Setelah explain, saya pun harus steward ( cuci semua peralatan yang telah digunakan ). Hari ini yang steward ialah saya, Fatta, dan Miftah. Setelah steward, kami pun mulai makan. Setelah makan, saya pun kembali steward. Tetapi, karena hari ini saya juga menjadi ketua kelas, saya pun harus mencuci semua tempat sampah yang ada di area kitchen. Setelah itu, saya pun kembali steward. Setelah semua selesai, saya pun istirahat sejenak, sambil menunggu semua orang selesai gc. Setelah gc, saya harus kembali mengecek semua tempat agar bersih dan memeriksa suhu pada chiller dan freezer. Setelah itu, kami pun oneline. Setelah oneline kami pun pulang kerumah masing-masing.










Selasa, 21 Agustus 2018

Tools

1. Scale
  • Fungsi.  : Digunakan untuk menimbang bahan
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Lap menggunakan lap kering 

2. Oven Glove
  •  Fungsi.  : Digunakan untuk melindungi tangan dari pembakaran saat menangani hot pot atau nampan
  • Material: Kain kanvas linen tebal dan karet
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Rendam di air sabun lalu kucek hingga bersih lalu keringkan

3. Apple Cutter
  • Fungsi.  : Digunakan untuk memotong atau membelah buah apel dengan mudah
  • Material: Di bagian tengahnya dari bahan Stainless Steel
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Bersihkan menggunakan sabun lalu bilas dengan air bersih


My Daily Activity English Vers.

       Today we were told by Mr. Ical to come to campus at 7:15 a.m., whoever hasn't arrived, will be in alpha for 4 hours. So today I raced with a motorbike. I arrived on campus at 07.04. I went straight to the locker to keep a jacket. After that, we were oneline outside the kitchen for absence and inspection of equipment. Even less equipment will eat garlic. And thank God today, Kurnia, Maya and Fausia fasted. So we are free of garlic.

       After checked the tool, we returnex to oneline to discuss about what we prepare yesterday. After that, I immediately fried all Potato Paties. While frying, sometimes I  helped friends who need help. When I dropped the potato paties again, there was an incident. The incident was that foam on the oil is mostly due to eggs, so I panicked. But Sis Al, helped me to filter all the foam. Finally the oil returned to normal.

       After I finished frying Potato Paties (Perkedel), I also helped my friend who was making cangkuning doko-doko. I also helped make the outer skin. After I finished helping to make the outer skin, I also started plating soup which I made then Fausia and Mifta which will explain in front of Mr. Wawan. After that, we also have general cleaning. After general cleaning done, friends started eating. After our meal, we did general cleaning a little then oneline. After oneline we went home.





My Daily Activity Indonesian Vers.

          Hari ini kami disuruh oleh Pak Ical datang ke kampus pukul 07.15, barangsiapa yang belum datang, maka akan di alfa sebanyak 4 jam. Sehingga hari ini saya balap bawa motor. Saya tiba di kampus pukul 07.04. Saya langsung ke loker untuk menyimpan jaket. Setelah itu, kami oneline di luar kitchen untuk di absen dan pemeriksaan peralatan. Yanh kurang peralatannya akan makan garlic. Dan alhamdulillah hari ini saya, Kurnia, Maya, dan Fausia berpuasa. Jadi kami bebas dari garlic.

            Setelah pemeriksaan alat, kami kembali oneline untuk membahas prepare_an kemarin. Setelah itu, saya pun langsung menggoreng semua Potato Paties ( Perkedel ). Sambil menggoreng sesekali saya membantu teman yang butuh bantuan. Saat saya menurunkan potato paties ( perkedel ) lagi, sempat terjadi insiden. Insidennya yaitu busa pada minyak tersebut kebanyakan akibat telur jadi, saya pun sempat panik. Tetapi kak Al, membantu saya untuk menyaring semua busanya. Akhirnya minyak nya pun kembali menjadi normal.

           Setelah saya selesai menggoreng Potato Paties ( Perkedel ), saya pun membantu teman saya yang sedang membuat doko-doko cangkuning. Saya pun membantu membuat kulit luarnya. Setelah saya selesai membantu membuat kulit luarnya, saya pun mulai plating soup yang saya buat lalu Fausia dan Mifta yang akan explain di depan Pak Wawan. Setelah itu, kami pun general cleaning. Setelah general cleaning, teman-teman pun mulai makan. Setelah makan kami general cleaning sedikit lalu oneline. Setelah oneline kami pun pulang kerumah masing-masing.

Soto Padang

Soto Banjar

Potato Paties ( Perkedel )



Senin, 20 Agustus 2018

My Daily Activity Indonesian Vers.

           Hari ini, seperti biasa saya datang ke kampus pukul 07.41, setiba di kampus saya langsung ke loker untuk menyimpan tas dan jaket, setelah itu kami pun oneline di luar kitchen. Setelah absen, kami kembali oneline untuk membahas makanan yang akan kami prepare. Hari ini, menu kami ialah Indonesia Buffet dan kami di bagi menjadi beberapa kelompok. Hari ini kelompok saya mendapatkan bagian untuk prepare bahan soto padang dan soto banjar.

          Setelah pembagian menu, Chef Dino pun masuk untuk menjelaskan dan mengajarkan kami cara memasak tiap makanan yang baik dan benar. Setelah itu, kami pun mulai memasak. Hari ini saya, Fausia, dan Yandi mengurus prepare untuk Soto Padang sedangkan Mifta, Lina, dan Wahyu mengurus prepare Soto Banjar. Hari ini kami hanya prepare bumbunya saja. Lalu, saat kami membaca kembali recipe, ternyata kelompok kami harus membuat Potato Paties ( Perkedel ). Jadi, saat semua bumbu sudah selesai, kami pun mulai membuat adonan Potato Paties ( Perkedel ).

          Saat membaca recipe, kami sangat bingung dengan cara pembuatan Potato Paties ( Perkedel ), sehingga kami pun bertanya ke Chef Dino. Setelah itu, kami pun mulai mengupas kentang, lalu memotong asal-asalan. Setelah dipotong kami pun menggorengnya. Setelah kentang sudah mulai lunak, kami pun mencari mixing dough untuk menghaluskan kentangnya. Tapi, karena mixing dough dipakai oleh semester 5 akhirnya kami pun menumbuknya secara manual, lalu kami tambahkan salt, egg, leek, dan celery. Setelah itu kami pun ambil hand glove lalu mulai mix kentangnya menggunakan tangan. Setelah itu, kami pun mulai membentuknya. Setelah itu kami pun menyimpannya di chiller.

          Setelah kami menyimpan  Potato Paties ( Perkedel ) tadi di chiller, kami pun langsung mulai general cleaning lalu tak lama kemudian kami pun oneline lalu pulang kerumah masing-masing.







Tools

1. Pressure Steamer 
  • Fungsi.  : Steam yang ditutup akan memberi tekanan pada bahan
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Lap menggunakan napkin basah baru lap menggunakan napkin kering

2. Infrared Oven
  • Fungsi.  : Oven dengan sumber panas dari  sinar infra red
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Lap menggunakan napkin basah

3. Steam Jacket Kettle
  • Fungsi.  : Kettle besar untuk memasak atau merebus air, kaldu/ stock, soup, sauce
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Untuk luarnya lap menggunakan napkin basah, sedangkan untuk kettle nya cuci menggunakan sabun lalu bilas menggunakan air bersih


Daily Activity English Vers.

          Today, as usual I came to campus at 07.41, when I arrived on campus I went straight to the locker to store bags and jackets, after that we were also oneline outside the kitchen. After being absent, we returned to oneline to discuss about food that we will prepare. Today, our menu was Indonesian Buffet and we were divided into several groups. Today my group got a part to prepare the ingredients for soto padang and soto banjar.

        After shared the menu, Chef Dino entered to explain and teach us how to cook that food that is good and right. After that, we started cooking. Today me, Fausia, and Yandi took care of preparing for Soto Padang while Mifta, Lina, and Wahyu took care of preparing Soto Banjar. Today we only prepared the ingredients. Then, when we reread the recipe, it turned out that our group had to make Potato Paties. So, when all the spices were finished, we started making Potato Paties dough.

        When we were reading the recipe, we were very confused with how to make Potato Paties, so we asked Chef Dino. After that, we started peeling potatoes, then cut them carelessly. After we cut it, we fried it. After the potatoes have started to soften, we look for the mixing dough to smooth the potatoes. But, because the mixing dough was used by semester 5 we finally pound it manually, then we added salt, egg, leek and celery. After that we took the hand glove then started to mix the potatoes using our hands. After that, we began to shape it. After that we stored it in the chiller.

        After we stored the Potato Patties (Perkedel) in the chiller, we immediately started the general cleaning then soon we were on line then went home.






Kamis, 09 Agustus 2018

Ingredients

1. Bawang Putih ( Garlic )

          Bawang putih adalah jenis tanaman berbentuk umbi. Bawang putih merupakan jenis bawang-bawangan yang berwarna putih atau kuning. Bawang putih dilapisi dengan kulit yang keras. Berbeda dengan jenis bawang lainnya, bawang putih tidak berbentuk seperti buku. Bawang putih berbentuk umbi yang utuh. 

          Bawang putih mempunyai karakteristik khas yakni beraroma tajam dan memiliki rasa pedas. Bawang putih cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara di Asia. Hal ini dikarenakan bawang putih telah menjadi bahan bumbu utama untuk masakan Asia dan mudah tumbuh di negara tropis. Bawang putih mempunyai banyak manfaat, bahkan daunnya juga menjadi bahan utama dalam bumbu masakan.

          Bawang putih bagus dikonsumsi mentah atau dalam bentuk masakan. Sebagai bumbu utama masakan, bawang putih berperan untuk memberi rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan. Bawang putih juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan. Bawang putih merupakan penguat rasa alami yang bebas dari bahan-bahan kimia.


2. Bawang Merah ( Shallot )
          Bawang merah adalah salah satu varietas tumbuhan berumbi yang dapat hidup di dataran tinggi. Bawang merah disebut seperti itu karena memiliki warna ungu kemerahan pada kulitnya dan dagingnya. Bawang merah memiliki tekstur yang mirip dengan bawang bombay yaitu berlapis-lapis namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bawang merah berbentuk satuan, tidak seperti bawang putih yang umbinya terkumpul dalam satu kulit. 

           Bawang merah memiliki ciri khas berupa bau yang tajam tetapi tidak setajam bawang putih dan aroma gurih serta sedikit pedas. Bawang merah biasanya dipanen beserta daunnya. Daun bawang merah juga dapat digunakan untuk bahan masakan atau taburan. Bawang merah memiliki tekstur yang lebih berair sehingga lebih mudah dihaluskan untuk bumbu masakan. Bawang merah dapat membentuk kulit baru bila disimpan dalam waktu yang lama dalam keadaan terkupas

3. Bawang Bombay ( Onion )

          Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang. Bedanya bawang bombay memiliki ukurang yang lebih besar dari bawang putih dan bawang merah. Bawang bombay memiliki warna kulit coklat terang, berbentuk bulat dan umumnya memiliki besar seperti kepalan tangan orang dewasa. Bawang bombay memilki lapisan daging yang tebal. 

          Bawang bombay ini kegunaanya sama seperti bawang merah dan bawang putih yaitu sebagai penambah rasa dan aroma. Aroma bawang bombay yang cukup kuat dan rasa dari bawang bombay yaitu manis sehingga sangat cocok untuk membuat masakan. Bawang bombay tidak hanya digunakan untuk campuran masakan saja tapi dapat juga digoreng langsung dengan menggunakan tepung siap saji. Rasanya manis dan ada sensasi kriuk dari bawang bombay goreng tepung atau lebih dikenal dengan onion ring.

Tools

1. Pallet Knife

  • Fungsi.  : Digunakan untuk mengoles dan merapikan cream di atas roti
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Utensil
  • Cleaning: Cuci menggunakan sabun lalu bilas menggunakan air bersih

2. Bone Slicer

  • Fungsi.  : Digunakan untuk memotong tulang
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Lap menggunakan napkin basah lalu lap menggunakan napkin kering

3. Gas Grill
  • Fungsi.  : Untuk memasak makanan menggunakan teknik grill
  • Material: Stainless Steel
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Lap menggunakan napkin basah lalu lap menggunakan napkin kering

Daily Activity English Vers.

     Today was our last day of practice this week. Today as usual, I came to campus with Fausia but today we came late because of traffic jam. Arriving at the kitchen, students of  third semester was already oneline, so Fausia and I immediately installed the Apron and napkin then oneline. After oneline, we stored the bag in the locker then oneline again. When the older sister's oneline told us to explain what we had to do. After that, Pak Ical entered and began giving us material. But because Mr. Ical had time to ask all of us but we could not answer, finally Mr. Ical gave us assignments.

     After Mr. Ical gave us assignments, we immediately started cooking our assignments. Today my group was in charge of making soup and coconut milk pumpkin soup. So, we immediately took all the materials we prepared yesterday. After that we started to heat brown stock and prepare meat for sautè. After we sautè meat, we also started to blanch pumpkin, long beans, and green beans. After that, we put it in the broth. Because my group assignment was about to finish, I finally helped my friend Fausia to make 4 Kg of white rice.

     I started helping Fausia from washing rice to rice. After the rice is finished, I again see the development of the soup. Apparently, at the last moment, Mr. Ical told us to make Perkedel and Lombok soup. Finally, we became the last group to provide food. After we finished making the soup and lombok your soup, we started cleaning a little. Then, we started lunch together, after lunch we entered for GC. After gc, we were back to do oneline. After did oneline we went home.




Daily Activity Indonesian Vers.

          Hari ini adalah hari terakhir kami praktek pada pekan ini. Hari ini seperti biasa, saya datang ke kampus bersama Fausia tetapi hari ini kami datang agak telat karena macet. Setiba di kitchen, ternyata semester 3 sudah oneline, jadi saya dan Fausia langsung memasang Apron dan napkin lalu oneline. Setelah oneline, kami menyimpan tas di loker lalu oneline lagi. Saat oneline kakak senior menyuruh kami untuk menjelaskan yang harus kami lakukan. Setelah itu, Pak Ical pun masuk lalu mulai memberikan kami materi. Tapi karena Pak Ical sempat bertanya kepada kami semua tapi kami tidak ada yang bisa menjawab, akhirnya Pak Ical memberikan kami tugas.

         Setelah Pak Ical memberikan kami tugas, kami pun langsung mulai memasak tugas kami masing-masing. Hari ini kelompok saya bertugas untuk membuat Sup Saudara dan Sup Labu Santan. Jadi, kami langsung mengambil semua bahan yang telah kami prepare kemarin. Setelah itu kami pun mulai memanaskan brown stock lalu menyiapkan daging untuk di sautè. Setelah kami sautè daging, kami pun mulai blanch labu, kacang panjang, dan kacang Hijau. Setelah itu lalu kami masukkan ke dalam kuahnya. Karena tugas kelompok saya sudah mau selesai, akhirnya saya membantu teman saya Fausia untuk membuat nasi putih sebanyak 4 Kg.

          Saya mulai membantu Fausia dari mencuci beras hingga menjadi nasi. Setelah nasi suda selesai, saya pun kembali melihat perkembangan sup. Ternyata, di detik-detik terakhir, Pak Ical menyuruh kami untuk membuat Perkedel dan Lombok sup saudara. Akhirnya, kami menjadi kelompok terakhir yang menyediakan makanan. Setelah kami selesai membuat perkedel dan lombok sup saudara, kami pun mulai membersihkan sedikit. Lalu, kami pun mulai makan siang bersama, setelah makan siang kami pun masuk untuk GC. Setelah gc kami oneline. Setelah oneline kami pulang kerumah masing-masing.






Rabu, 08 Agustus 2018

Tools

1. Plastic Vacuum


  • Fungsi.  : Digunakan sebagai tempat untuk memvacuum daging-daging lalu disimpan di frozen agar tahn lama
  • Material : Plastic
  • Kategori : Utensil
  • Cleaning : 
2. Vacuum Sealer Machine

  • Fungsi.  : Digunakan untuk mengeluarkan udara pada plastik vacuum
  • Material : Stainless Steel
  • Kategori : Equipment
  • Cleaning : Lap menggunakan napkin basah lalu lap menggunakan napkin kering
3. Floor Dryer


  • Fungsi   : Digunakan untuk mengeringkan lantai
  • Material: Baja, Plastic
  • Kategori: Equipment
  • Cleaning: Lap menggunakan napkin basah lalu lao menggunakan napkin kering

Daily Activity English Vers.

          Today, I went to campus with Fausia. Today I came quickly because I wanted to pick up Kurnia at her house. After we picked up Kurnia, we went straight to campus. Arriving on campus, we were directly did oneline for absence and inspection of equipment. After that we stored the bag in locker and did oneline again to discuss menu today. When we were oneline, each group progresses one by one to explain how to make food that has been distributed.

         After that, Mr. Ical came to teach some foods that we just heard his name and we have never seen before such as spaetzle. After Mr. Ical explained, we immediately did. Today my group still assigned to make soup. Soup for today were Shrimp Bisque and Puree of pumpkin soup. So, we also took all the material that have prepared yesterday.

        After taking our preparation, we heated up the three stocks (Chicken stock, Shrimp stock, fish stock) that we have made yesterday. After the stock boiled, we  also lower all the vegetables. After that we started making roux to make veloute sauce so that the stock could be thick. When all the food was ready, we also started serving it and then give it to MTH children. Then, not long after that we also went oneline. After oneline we went home.